Wanita hamil/telegraph.co.uk
Health

7 Kebiasaan Buruk Harus Ditinggalkan Wanita Hamil

JIBI
Sabtu, 17 September 2016 - 07:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika dalam waktu dekat ini Anda ingin merencanakan kehamilan, ada baiknya mempersiapkan kesehatan tubuh agar siap menghadapi kehamilan dan proses kelahiran bayi.

Kehamilan merupakan fase sensitif dalam kehidupan wanita. Tubuh wanita banyak mengalami perubahan baik secara fisik maupun psikologis. Selama hamil, wanita harus menjaga asupan nutrisi, baik bagi sang ibu maupun janin di dalam rahimnya, melindungi janin dan menjaga kesehatan janin agar tumbuh sehat..

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya dihilangkan sebelum hamil:

Merokok
Bahaya merokok bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya dapat menganggu kesehatan pernapasan ibu dan perkembangan paru-paru janin. Merokok juga dapat membuat proses kehamilan terhambat.

Konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol selama kehamilana dapat memicu keguguran dan foetal alcohol syndrome.

Obat

Kebiasaan buruk lain yang harus dihentikan adalah menghindari konsumsi obat yang dapat membahayakan kehamilan. Konsultasikan ke dokter tentang obat apa saja yang boleh dikonsumsi.

Kafein
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum minuman berkafein seperti kopi, minuman berenergi dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran bayi prematur. 

Makanan bergula
Kebiasaan konsumsi makanan yang banyak mengandung gula dapat meningkatkan risiko terkena diabetes baik pada ibu maupun sang janin. 

Olahraga berat
Bagi wanita penggemar olahraga cenderung banyak bergerak, olahraga berat. Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko gangguan dalam kehamilan bahkan memicu keguguran.

Stres

Kebiasaan buruk lainnya yang menghambat kehamilan adalah stres. Bisa jadi stres adalah akar permasalahan proses kehamilan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro