Berikut Faktor Pemicu Diabetes dan Cara Pencegahannya

Diabetes adalah salah satu penyakit yang harus harus diwaspadai, karena dapat mengurangi kualitas hidup bahkan menyebabkan kematian.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 November 2016  |  17:16 WIB
Berikut Faktor Pemicu Diabetes dan Cara Pencegahannya
Ilustrasi Diabetes - www.telegraph.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA-Diabetes adalah salah satu penyakit yang harus harus diwaspadai, karena dapat mengurangi kualitas hidup bahkan menyebabkan kematian Bagi mereka yang sudah mengidap diabetes, harus melakukan pengobatan dan pengaturan pola hidup yang benar.

Pelaksanaan skrining diabetes tipe II merupakan faktor penting dalam memodifikasi faktor risiko dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi, kecacatan substansial, serta kematian dini (kematian pada usia < 70 tahun).

Skrining diabetes tipe II dapat dilakukan di rumah sakit, klinik, laboratorium dan Posbindu PTM yang berada di bawah pengawasan puskesmas.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Mohammad Subur dalam kampanye hari diabetes nasional bertema Eyes on Diabetes mengatakan ada faktor-faktor risiko yang dapat memicu timbulnya penyakit diabetes:

a. Riwayat keluarga. Jika seseorang memiliki orang tua atau saudara kandung dengan diabetes tipe II maka peluangnya untuk mengidap diabetes tipe II menjadi lebih besar.

b. Usia. Risiko diabetes tipe II meningkat seiring bertambahnya usia, terutama setelah berumur 40 tahun. Hal ini berhubungan dengan aktifitas yang menurun serta kehilangan massa otot dan berat badan.

c. Ras. Orang-orang dari latar belakang ras tertentu ditemukan memiliki risiko lebih tinggi terhadap diabetes.

d. Kegemukan dan obesitas. Peningkatan prevalensi berat badan berlebih dan obesitas selalu berbanding lurus dengan prevalensi diabetes. Semakin banyak jaringan lemak yang dimiliki seseorang, maka semakin besar pula resistensi sel terhadap insulin.

e. Aktifitas fisik yang kurang memadai.

f. Diet tidak sehat seperti mengonsumsi makanan dan minuman kaya kalori, lemak jenuh dan gula, serta rendah serat.

g. Memiliki tekanan darah tinggi atau tingkat lipid yang tinggi.

h. Diabetes gestational yaitu perempuan yang mengalami diabetes selama kehamilan memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe II. 10. 70% kasus diabetes tipe II dapat dicegah atau ditunda dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat.

Pencegahan dan pengendalian diabetes tipe II dapat dilakukan dengan menjalankan metode CERDIK, yaitu:

a. Cek kesehatan secara berkala, dalam hal ini melakukan tes glukosa darah dan kadar HbA1c secara teratur.

b. Enyahkan asap rokok dengan menghindari pengunaan tembakau (rokok atau tembakau kunyah).

c. Rajin aktifitas fisik yaitu dengan melakukan latihan fisik secara teratur selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu.

d. Diet sehat dan seimbang, yaitu dengan mengonsumsi 3 – 5 porsi buah dan sayuran setiap hari, serta mengurangi asupan gula, garam, dan lemak jenuh.

e. Kelola stres.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
diabetes

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top