Pisang/Reuters
Health

5 Makanan Yang Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Mia Chitra Dinisari
Senin, 20 Februari 2017 - 10:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Masalah sulit tidur atau insomnia memang sangat mengganggu. Meski badan dan otak sudah merasa lelah, namun mata tak jua terpejam.

Sulit tidur bisa berakibat buruk bagi kesehatan, mulai dari kelelahan, hingga beragam penyakit berbahaya lainnya. Karena itu, tidur adalah aktivitas yang sangat penting dilakukan, untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berenergi.

National Sleep Foundation merekomendasikan manusia untuk tidur malam selama tujuh sampai sembilan jam meskipun, banyak orang tidur hanya sekitar enam jam setiap harinya.

Mendapatkan tidur malam yang cukup sangat penting untuk kesehatan. Ini akan membantu Anda lebih bahagia, mempertahankan pikiran yang tajam, meningkatkan sistem ketahanan tubuh, membantu Anda untuk memiliki sikap positif tentang kehidupan, membuat kulit Anda bersinar dan menurunkan risiko tingkat tekanan darah tinggi serta masalah jantung.

Jika Anda mengalami masalah tidur, mungkin ada solusi sederhana yang bisa dilakukan yakni dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang bisa membuat Anda cepat mengantuk. Berikut menurut Boldsky.com:

1. Ceri
Ceri mengandung cukup banyak melatonin, senyawa kimia yang dapat membantu mengontrol jam internal tubuh. Berdasarkan studi terungkap dalam Journal of Experimental Botany, makan ceri, khususnya ceri tart, beberapa jam sebelum tidur akan membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik.

Jika ceri segar tidak tersedia, Anda dapat memilih untuk jus ceri atau kering atau beku ceri. Menurut para ilmuwan dari perguruan tinggi dari Pennsylvania dan Rochester, individu dengan sulit tidur kronis harus minum secangkir jus ceri dua kali sehari sampai mereka tidak lagi kesulitan tidur.

2. Susu panas
Minum segelas susu hangat sebelum tidur juga dapat membantu Anda untuk tertidur. Susu terdiri dari asam amino triptofan, prekursor serotonin kimia otak. Tryptophan serta serotonin membantu Anda tidur cepat pada malam hari. Juga, susu adalah cara terbaik untuk mendapatkan kalsium, yang membantu memodulasi produksi melatonin. makanan yang akan membantu untuk tertidur cepat

3. Jasmine Rice
Sesuai dengan penelitian terungkap dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang makan beras melati untuk makan malam tertidur lebih cepat bila dibandingkan dengan jenis lain dari beras. Hal ini juga meningkatkan produksi triptofan serta serotonin dalam darah, sehingga mendorong tidur. Makan nasi melati akan membantu untuk tertidur cepat

4. Pisang
Pisang memiliki relaksan otot alami, magnesium serta potasium, yang membantu mempromosikan tidur. Buah ini juga merupakan sumber vitamin B6, yang dibutuhkan tubuh untuk membuat tidur merangsang tubuh hormon melatonin.

Kandungan karbohidrat yang tinggi pada pisang akan membuat Anda mengantuk juga. makanan yang akan membantu untuk tertidur cepat

5. Tuna
Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di Annals of NY Academy of Sciences, tuna mengandung vitamin B6, yang dibutuhkan tubuh untuk membuat melatonin serta serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang mendorong istirahat, sementara melatonin adalah hormon tubuh yang membantu tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro