Gigi sehat/youtube
Health

Orang Tua Perlu Ajarkan Merawat Gigi Sejak Dini

Rezza Aji Pratama
Selasa, 28 Februari 2017 - 23:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Para orang tua disarankan untuk melakukan upaya pencegahan dini dengan mengajarkan anak-anak cara menyikat gigi yang benar serta mengawasi mereka setidaknya sampai berusia 8 tahun.

Dokter spesialis kedokteran gigi anak Felicia Melati mengatakan orang tua dianjurkan untuk memperhatikan makanan serta kudapan anak mereka sehari-hari.
 
Anak yang belajar sejak dini dengan baik dan benar cara menjaga kesehatan gigi, tidak akan banyak mengalami masalah kesehatan gigi di kemudian harinya.
 
 
Orang tua juga dihimbau membawa anak ke dokter gigi secara rutin untuk melakukan perawatan pencegahan dan segera melakukan penambalan gigi jika perlu, sehingga risiko masalah gigi dan komplikasinya dapat terdeteksi dan ditangani sedini mungkin.
 
“Gigi dan mulut merupakan bagian penting tubuh yang harus dipertahankan kebersihannya, sebab melalui organ ini berbagai kuman dapat masuk dan menyerang kesehatan, disamping itu mulut adalah cermin dari kesehatan gigi,” ujarnya, Selasa (28/2).
 
Felicia menambahkan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia merupakan penyakit masyarakat yang di derita oleh 38,5% penduduk Indonesia dan 90% dari anak sekolah di dunia dan sebagian besar orang dewasa pernah menderita karies gigi.
 
Hal ini terjadi karena umumnya anak-anak senang makanan yang mengandung gula. Apabila anak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan jarang membersihkannya, maka gigi akan mengalami kerusakan yang salah satunya adalah karies atau gigi berlubang.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro