Yuk, Mengenal Bela Diri Krav Maga

Belakangan ini semakin banyak jenis-jenis seni bela diri dari luar negeri yang masuk ke Indonesia. Menariknya, sebagian dari mereka masih terbilang asing dan belum banyak dikenal kalangan masyarakat Tanah Air.
Wike Dita Herlinda | 15 Maret 2017 02:26 WIB
Seni bela diri dari Israel, Krav Maga - youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Belakangan ini semakin banyak jenis-jenis seni bela diri dari luar negeri yang masuk ke Indonesia. Menariknya, sebagian dari mereka masih terbilang asing dan belum banyak dikenal kalangan masyarakat Tanah Air.

Mempelajari bela diri dari negeri orang seolah telah menjadi gaya hidup sebagian kaum urban. Tujuannya bermacam-macam; baik yang benar-benar menggunakannya untuk bela diri, atau sekadar melatih kebugaran jasmani.

Salah satu bela diri asing yang saat ini sedang naik daun di Indonesia adalah krav maga, yang berasal dari Isreal. Di hampir seluruh kota besar Tanah Air, seni bela diri ini telah tersebar dan komunitas/organisasinya juga kian menjamur.

Salah satu orang yang turut mempopulerkan seni bela diri tersebut adalah Randy Tumewa. Melalui organisasinya, Unicombat yang berbasis di Surabaya, dia juga memperkenalkan seni bela diri asing lain seperti muay thai dari Thailand.

Unicombat sendiri adalah organisasi pertama yang membuka pelatihan krav maga di Surabaya sejak 2010. Mereka menggunakan pelatih profesional dan berpengalaman dalam melatih anggota militer, kepolisian, jasa pengamanan, dan jasa pengawalan.

Pendiri krav maga di Unicombat adalah pemegang setifikat dan lisensi internasional krav maga yang pertama di Indonesia, serta pemilik satu-satunya buku teori dan praktik krav maga yang ditulis oleh pencipta seni bela diri tersebut; yaitu Grandmaster Imrich Lichtenfeld.

Lantas, perkembangan seni bela diri tersebut di dalam negeri? Berikut penturan Randy:

Sejak kapan bela diri krav maga masuk dan populer di Indonesia?

Jadi, pada 2006, ayah saya adalah orang pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi krav maga langsung dari Israel. Namun, saat itu kami tidak langsung membuka kelas krav maga untuk sipil.

Sebab, waktu itu kami lebih fokus mengajarkan krav maga ke instansi [seperti militer, kepolisian, dan penjaga keamanan] dan ekspatriat. Baru pada 2010 kami membuka kelas untuk sipil/umum.

Namun, karena kami berbasis di Surabaya, kami tertinggal dari Jakarta yang sudah mulai membuka kelas untuk umum pada 2009. Akan tetapi, bisa dipastikan kami adalah pemegang sertifikasi dan lisensi internasional krav maga yang pertama di Indonesia.

Mengapa tertarik memperkenalkan bela diri tersebut ke kalangan sipil?

Sebab, kami lihat Surabaya adalah kota terbesar di Indonesia setelah Jakarta. Aksi kejahatan semakin rawan dan tak mengenal waktu. Kalau dulu aksi kejahatan banyak dilakukan di malam hari, saat ini penjahat sudah lebih berani beraksi di siang bolong.

Fenomena tersebut mendorong masyarakat di kota-kota besar untuk membekali diri dengan ilmu bela diri. Dari sana, kami mencoba memperkenalkan krav maga untuk kalangan sipil. Sebab, banyak juga dari anggota kami yang pernah menjadi korban kejahatan.

Mengapa krav maga?

Karena krav maga adalah bela diri yang paling praktis dan efisien. Tidak ada jurus yang harus dihafalkan, dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menguasainya. Selain itu, tidak terbatas untuk segala postur tubuh, usia, dan gender.

Apa yang memicu popularitasnya di kalangan masyarakat?

Sebenarnya, krav maga menjadi populer karena Hollywood. Bela diri ini sering sekali dipakai untuk film-film Hollywood. Salah satu yang mempopulerkannya adalah Jennifer Lopez di film Enough pada 2002.

Di film tersebut J-Lo berperan sebagai istri korban kekerasan dalam rumah tangga [KDRT]. Karena sudah tidak tahan, dia lantas belajar bela diri. Nah,bela diri yang dipelajari itu adalah krav maga. Dari sana lalu, krav maga jadibooming dan mulai banyak orang cari tahu.

Di Indonesia sendiri, krav maga menjadi populer karena mudah dipelajari. Krav maga bukanlah olah raga atau seni bela diri, tetapi murni teknik pertahanan diri [self defense]. Itulah sebabnya krav maga tidak dipertandingkan seperti martial artslainnya.

Tujuan dari krav maga benar-benar murni digunakan untuk keadaan terdesak dalam kehidupan sehari-hari. Pada awalnya krav maga adalah program pelatihan yang digunakan oleh tentara infanteri Israel. Jadi, tidak butuh waktu bertahun-tahun untuk mempelajarinya.

Bagaimana respons/animo dari masyarakat?

Makin lama penggemarnya makin meningkat. Setahun pertama saat membuka kelas krav maga, anggota kami kebanyakan adalah kalangan teman-tema sendiri. Namun, sekarang ini semakin banyak anggota aktif dari kalangan umum.

Di Surabaya, yang aktif mencapai 60 orang. Pendorong popularitasnya, lagi-lagi, karena film Hollywood. Sebagian besar film agen rahasia buatan Hollywood saat ini memakai krav maga untuk adegan aksinya. Misalnya sajaTranporter atau Jason Bourne.

Karena sering dipakai di film-filmblockbuster, orang-orang jadi banyak yang mencari tahu bela diri apa sihyang dipakai aktornya di dalam film-film tersebut. Dari sana lantas krav maga menjadi semakin populer di kalangan sipil Indonesia.

Anda juga membuka pelatihan muay thai. Bagaimana respons/minat masyarakat terhadap krav maga dibandingkan dengan muay thai?

Terus terang anggota Unicombat masih didominasi oleh peserta muay thai. Sebanyak 60% memilih mengikuti kelas muay thai. Popularitas muay thai memang masih lebih tinggi dibandingkan krav maga, karena mungkin masuknya ke Indonesia lebih dulu.

Namun, faktor lainnya adalah masyarakat Indonesia cenderung lebih suka gaya latihan yang ketimur-timuran. Sedangkan, krav maga pada dasarnya adalah contact combat yang mengharuskan peserta bela diri dengan skenario seperti kejadian sebenarnya.

Itu berarti dibutuhkan simulasi seperti kejadian asli; misalnya bagaimana jika ditodong senjata tajam/senjata api, dijambak, dirampok, dan sebagainya. Semuanya itu butuh bersentuhan. Mungkin karena itu banyak anggota perempuan yang risih atau kurang nyaman.

Apa yang membedakan Unicombat dibandingkan organisasi/komunitas krav maga lain di Tanah Air?

Kurang lebih garis besar programnya sama. Namun, bedanya pelatih kami memiliki sertifikasi internasional. Pendirinya juga orang pertama yang mendapatkan lisensi langsung dari Israel.

Kami juga pemilik satu-satunya buku teori dan praktik krav maga yang ditulis oleh pencipta seni bela diri tersebut; yaitu Grandmaster Imrich Lichtenfeld.

Berapa anggotanya? Apa kegiatannya? Apa ada turnamennya?

Di Surabaya sendiri anggota aktif krav maganya ada 60 orang. Seperti yang saya sebutkan, krav maga murni digunakan untuk self defense, jadi tidak dipertandingkan atau diturnamenkan sebagaimana seni bela diri lain.

Selain latihan, kami sering mengadakan seminar yang terbuka untuk umum. Kami kerap mendatangkan pelatih tamu dari luar negeri—seperti dari Belanda—untuk menggelar workshop krav maga bagi publik Indonesia.

Selain pertahanan diri, apa manfaat dari krav maga?

Krav maga memang lebih diprioritaskan untuk aksi menghadapi kejahatan dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat lainnya tentunya dari segi kesehatan jasmani. Sebab, krav maga banyak menggunakan latihan fisik.

Selain itu, peserta bisa meningkatkan rasa percaya diri, lebih fokus, dan lebih kuat mentalnya. Melalui latihan fisik kami selalu membangun motivasi untuk tidak pernah menyerah, sehingga terbentuk mental baja.

Apa keunggulan/kelebihannya dibandingkan dengan bela diri jenis lain?

Krav maga ini dirancang untuk mempemudah orang-orang yang ingin belajar bela diri, secara efisien dan praktis. Tidak perlu pakai seragam, tidak perlu menghafalkan kitab atau jurus dalam bahasa asing, tidak ada ujian kenaikan tingkat.

Seni bela diri yang selama ini dikenal masyarakat kebanyakan berasal dari Asia Timur. Kalau mau lulus harus ada ujian kenaikan tingkat. Kalau gagal ujian, harus mengulang lagi. Butuh waktu bertahun-tahun, padahal ilmu praktis yang terpakai hanya 10%.

Nah, krav maga ini mempermudah orang yang ingin belajar pertahanan diri secara instan tanpa harus memiliki latar belakang seni bela diri, tanpa mengenal postur, berat badan, usia, dan gender. Bahkan orang berkebutuhan khusus pun bisa mempelajarinya.

Kelebihan lainnya adalah latihan krav maga menggunakan simulasi dari kejadian nyata. Itulah kebanyakan latihan kami dilakukan di luar ruangan, entah itu di parkiran, di ruang ATM, di lift, waktu hujan, waktu gelap gulita, dan sebagainya.

Itu yang unik dari krav maga. Berbeda dengan bela diri lain yang latihannya dilakukan di matras. Bisa jadi, jurus yang mudah dilakukan di matras, akan berbeda atau menjadi sulit saat keadaan berubah, seperti saat hujan.

Apa ada syarat/prekondisi khusus untuk bela diri tersebut?

Kalau di krav maga, saya sangat menyarankan agar calon peserta tidak punya penyakit jantung atau penyakit kronis lainnya, dan penyakit mental. Sebab risikonya sangat tinggi waktu latihan.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
seni bela diri

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup