Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Menghadapi Biang Gosip di Kantor

Ada pendapat yang berseberangan soal gosip di kantor. Sebagian studi mengatakan itu menciptakan lingkungan stress bagi pekerja, tapi ada juga hasil yang menyebut, gosip bisa jadi punya dampak baik.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Maret 2017  |  17:00 WIB
Gosip di antara rekan kantor - Istimewa
Gosip di antara rekan kantor - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ada pendapat yang berseberangan soal gosip di kantor. Sebagian studi mengatakan itu menciptakan lingkungan stress bagi pekerja, tapi ada juga hasil yang menyebut, gosip bisa jadi punya dampak baik.

Misalnya, ahli antropologi mengatakan, manusia berevolusi dengan cara bergosip satu sama lain, karena sepanjang sejarah terbukti itu membuat orang semakin akrab. Meski demikian, bila logika ini diterapkan otomatis mereka yang jadi bahan gosip atau tidak bisa ikut dalam pembicaraan akan terisolasi.

Menurut Dr. Jack Levin, penulis “Gossip: The Inside Scoop”, gosip bisa baik untuk kesehatan batin. Dia menulis meski membicarakan orang di belakang punggungnya bisa membawa keburukan, secara umum gosip menjadi pengikat kelompok sosial dan jaringan bisnis.

Tentu saja akan menyebalkan bila Anda jadi bahan pergosipan kantor, atau bila teman kerja Anda menyebarkan rahasia yang ingin disimpan rapat-rapat.

Menurut Dr. Berit Brogaard, profesor ilmu saraf di Universitas Miami, gosip di tempat kerja bisa jadi metode permainan kekuasaan atau cara menindas seseorang.

Dalam tulisan di Psychology Today, ia memberi cara menghadapi biang gosip di kantor yang menyebarkan rumor tentang Anda seperti dilansir Independent.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gosip
Sumber : Antara
Editor : Nancy Junita

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top