Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Libur Lebaran 2017, Tren Belanja Online via Marketplace Melonjak

Tahun ini, kegiatan belanja online meningkat selama libur lebaran kemarin
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 11 Juli 2017  |  18:21 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Tahun ini, kegiatan belanja online menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri. Generasi millennial menjadi kalangan terbanyak yang berbelanja online.

Hal tersebut dibuktikan melalui hasil riset dari JakPat kepada 1.000 responden mengenai perilaku belanja online selama Ramadan hingga Idul Fitri 1438 Hijriah yang mengalami kenaikan cukup signifikan.

Sebanyak 65% responden mengaku berbelanja online 1 hingga 2 kali selama Ramadan. Dari angka ini, generasi millennial (18 tahun hingga 35 tahun), khususnya kelas menengah, adalah kalangan terbesar yang menyumbang angka tertinggi dalam berbelanja online.

Seperti yang dilansir we are social, penetrasi internet global kini telah melampaui 50% sama dengan 3,77 milyar pengguna internet pada 2017.

Tingginya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia juga menjadi salah satu penyebab adanya perubahan perilaku berbelanja masyarakat yang kini cenderung lebih memilih situs atau aplikasi belanja online untuk memenuhi kebutuhannya.

Perubahan perilaku ini didukung juga oleh banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh sejumlah marketplace. Selain memiliki harga yang kompetitif, belanja online di platform marketplace juga menawarkan banyak kepraktisan.

Sebagai satu-satunya e-commerce BUMN, BLANJA.com juga mengalami dampak positif euphoria Ramadan dan libur Idul Fitri. Kenaikan traffic yang signifikan hingga 98% dari pada bulan sebelumnya dan berbelanja melalui aplikasi (mobile apps) berada di urutan tertinggi.

“Semenjak BLANJA.com bertransformasi melakukan perubahan besar, termasuk logo & look and feel bulan Maret lalu, kami mulai tancap gas dan lebih agresif lagi tentu saja dengan perhitungan yang matang. Strategi yang kami jalankan memberikan dampak positif terhadap tren transaksi yang meningkat hingga 400%” ujar CEO BLANJA.com Aulia E Marinto dalam siaran pers, Selasa (11/7/2017).

“Adapun untuk kategori barang yang paling banyak dicari dan dibeli selama Ramadan hingga Lebaran adalah produk gadget, pakaian, dan juga peralatan rumah tangga yang mana produk ini digunakan untuk menunjang perayaan Idul Fitri.” tambah Head of Marketing BLANJA.com, Faiz Fashridjal.

Di sisi lain, Faiz Fashridjal selaku Head of Marketing BLANJA.com juga mengaku sudah merencanakan strategi yang tidak kalah menarik untuk tetap mempertahankan performance dan traffic BLANJA.com di bulan Juli.

Mengusung campaign #JulyJoy “Keseruan Tanpa Batas Untuk Jalani Rutinitas”, BLANJA.com mengajak masyarakat untuk tetap semangat meski harus kembali menjalani rutinitas lewat beragam diskon produk serta penawaran istimewa dari brand dan partner.

Konsumen dapat menikmati Diskon hingga 50% produk sepatu sekolah, Promo pilihan dengan harga produk mulai dari Rp15.000an, dan Serunya BLANJA di eBay dengan potongan harga Rp500.000. Khusus untuk kamu para gamers, dapatkan perlengkapan game mulai dari Rp100.000 serta Diskon sebesar 50% plus FREE ONGKOS KIRIM untuk wilayah Jabodetabek.

Selain itu, ada juga potongan harga hingga Rp1.000.000 untuk semua kategori produk kecuali emas dan pulsa dengan menggunakan kode voucher “KUY” dan diskon 10% dengan kode voucher “APPKUY” yang bisa dinikmati pelanggan jika bertransaksi di BLANJA.com. Penawaran menarik lainnya juga datang dari produk Brand Favorit yang memberikan promo Buy 1 Get 1 hingga diskon sebesar 30%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

online shopping
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top