Reza Rahadian: Film Turah Adalah Kekayaan Indonesia

Lewat keputusan tertulis dari komite seleksi yang dibentuk oleh Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI), film Turah resmi menjadi film pilihan Indonesia ke ajang Oscar untuk kategori Best Foreign Language Film Award.nn
Ramdha Mawaddha
Ramdha Mawaddha - Bisnis.com 19 September 2017  |  21:39 WIB
Reza Rahadian: Film Turah Adalah Kekayaan Indonesia
Reza Rahadian - Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Lewat keputusan tertulis dari komite seleksi yang dibentuk oleh Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI), film Turah resmi menjadi film pilihan Indonesia ke ajang Oscar untuk kategori Best Foreign Language Film Award.

Putusan ini disampaikan Ketua Komite, Christine Hakim, di hadapan awak media, Selasa (19/09/2017).

Menanggapi terpilihnya Turah, aktor Reza Rahadian yang juga salah satu dari 13 komite seleksi mengatakan, keputusan tentang film yang terpilih diambil berdasarkan musyawarah dan mufakat bersama.

"Film ini murni dari keputusan semua komite seleksi. Kalaupun ada perdebatan nantinya itu biasa terjadi namanya juga proses penjurian akan beda dengan voting, itu lain lagi," katanya.

Terlepas dari itu, secara personal Reza menuturkan kekagumannya terhadap film Turah.

"Saya secara personal menyukai film Turah. Saya pernah nonton bersama sutradaranya waktu itu dan saya bilang ini film bisa jadi tidak hanya mengangkat kearifan lokal tapi Indonesia dalam skala yang kecil," jelasnya.

Selain itu, tambahnya, film Turah memiliki pola bertutur dan pola penggarapan sangat menarik. Termasuk isu yang diangkat dengan penokohan yang digunakan.

"Buat saya kondisi-kondisi di film itu mungkin saja terjadi di Indonesia saat ini namun terabaikan. Ada orang yang masih membutuhkan dukungan dan diperjuangkan hak-haknya dan film Turah mengangkat isu itu. Buat saya pribadi film Turah cukup memberikan satu harapan, inilah kekayaan Indonesia," pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
film indonesia

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top