Eddy Betty Kembali Show Tunggal Setelah Absen 9 Tahun

Perancang adibusana Eddy Betty akhirnya kembali memanggungkan karyanya setelah absen di panggung runway selama sembilan tahun. Dalam show tunggalnya kali ini, dia memamerkan 79 busana yang menggambarkan perjalanan hidupnya.
Nindya Aldila | 21 September 2017 15:04 WIB
Penampilan Eddy Betty - Jibi

Bisnis.com, JAKARTA – Perancang adibusana Eddy Betty akhirnya kembali memanggungkan karyanya setelah absen di panggung runway selama sembilan tahun. Dalam show tunggalnya kali ini, dia memamerkan 79 busana yang menggambarkan perjalanan hidupnya.

Sebanyak 79 set busana koleksi terkini dari Eddy Betty diberi tajuk Liberté yang bermakna kebebasan. Bertempat di Dian Ballroom, Raffles Hotel Jakarta koleksinya menawarkan ragam yang kaya, baik dalam bentuk, pemilihan bahan, mau pun warna.

Bentuk pola yang pipih, lekat, longgar, teramu di atas bahan multi karakter dengan warna dalam rentang palet yang sangat luas. Beraneka siluet dimainkan pada bahan tebal, tipis, kasar, halus, dengan warna-warna lembut dan tenang semacam krem, hijau, biru dan dihidupkan saat hadirnya warna-warna menyala semacam kuning kenari, biru terang, hitam, keperakan, keemasan sampai jingga membara.

“Inspirasi dari koleksi saya kali ini sebenarnya berasal dari perjalanan hidup saya dari mulai sekolah di Paris sampai sekarang. Selain itu, jika dulu potongan baju banyak yang disembunyikan di dalam [bustier], sekarang saya tampilkan keluar. Itulah kenapa tema yang saya pilih kebebasan,” ujar Eddy.

Seperti diketahui, setelah lulus dari Lembaga Pengajaran Tata Busana Susan Budihardjo pada 1989, Eddy meneruskan sekolah mode ke Fleuri de la Porte dan Chambre Syndicale de la Couture Parisienne dan lulus pada 1996. Dari pengalamnnya tersebut, dia bahkan menggunakan satu material unik, yakni toile de jouy yang biasa digunakan untuk tirai, jok, seprai, dan apron.

Di panggung tunggalnya, dia mengaku deg-degan seperti halnya penyanyi yang tidak pernah manggung. Hal itu juga menjadi tantangan buatnya ketika hendak membuat konsep desain pada prses awal. “Namun, seperti mesin yang sudah dipanaskan, lama-kelamaan gampang,” tuturnya.

Sejatinya, Eddy Betty bukannya benar-benar menghilang dari dunia panggun mode Tanah Air, dia kerap melakukan show gabungan dalam dua tahun sekali bersama desainer lainnya. Selain itu, dia juga masih disibukkan dengan pesanan pelanggan yang meminta dibuatkan busana secara custom.

Tag : desainer, fashion
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top