Entertainment

JOKOWI MANTU: Puluhan Pesawat Pribadi Padati Bandara Adi Soemarmo

Asiska Riviyastuti
Selasa, 7 November 2017 - 06:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sedikitnya 35 pesawat charter dijadwalkan mendarat di Bandara Adi Soemarmo yang merupakan tamu pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dan Bobby Nasution. Pesawat charter tersebut datang pada Senin-Kamis (6-9/11/2017).

Jumlah pesawat charter tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan tamu yang datang saat pernikahan putra sulung Presiden, Gibran Rakabuming Raka, yang berjumlah 26 pesawat. Airport Operation and Services Department Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Purwanto, mengungkapkan mendekati pernikahan, semakin banyak pengajuan pesawat charter yang datang ke Solo.

Jenis pesawat yang digunakan pun beragam, mulai dari yang wide body atau berbadan besar (Airbus) hingga ATR.

“Charter ini ada bermacam, ada yang untuk pribadi maupun rombongan. Selain itu, ada juga extra flight yang dijalankan oleh Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air yang dimasukkan kategori charter. Extra flight Garuda Indonesia dijalankan pada Selasa dan Kamis [7 dan 9 November] sedangkan Sriwijaya Air hanya sekali, yakni Rabu [8/11/2017],” ungkap Purwanto saat dihubungi Solopos.com, Senin (6/11/2017)

Senin dijadwalkan ada dua charter flight yang mendarat di bandara berkode SOC tersebut. Pada Selasa (7/11/2017) akan ada lima pesawat charter yang mendarat untuk kepentingan komersil, pribadi, dan milik TNI.

Kedatangan pesawat charter paling banyak pada Rabu (8/11/2017), yakni sebanyak 25 jadwal untuk komersil maupun pribadi. Tercatat ada empat pesawat komersil dari Jakarta (Bandara Soekarno Hatta) menuju Solo, satu pesawat jenis ATR milik Garuda Indonesia yang diterbangkan dari Surabaya ke Solo.

Sedangkan 20 jadwal pesawat lainnya berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma menuju Solo. Sehari setelah perhelatan pernikahan Kahiyang, sebanyak tiga pesawat charter kembali mendarat di Solo dan dua pesawat diantaranya berangkat dari Solo menuju Bandara Halim Perdana Kusuma.

“Enggak semua pesawat charter tersebut akan RON [remain over night] atau menginap di Solo karena kalau seluruh pesawat parkir di Solo tentu tidak akan muat meski sudah ada penambahan parking stand karena jumlahnya banyak,” ujarnya.

Tercatat ada 29 pesawat yang langsung kembali ke bandara asal dan satu pesawat dari Bandara Halim Perdana Kusuma menuju Bandara Adi Soemarmo kemudian melanjutan terbang ke Bandara Don Mueang, Thailand. Sedangkan lima lainnya dijadwalkan menginap di Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro