Ketua Asia Philanthropy Circle (APC) Indonesia Chapter Victor R. Hartono (dari kanan), Presiden Director and Partner McKinsey Indonesia Phillia Wibowo dan  anggota APC Indonesia Chapter Belinda Tanoto berbincang usai peluncuran panduan filantropi, berjudul Catalysing Productive Livelihood: A guide to education interventions with an accelerated path to scale and impact di Jakarta, Selasa (5/12)./JIBI-Nurul Hidayat
Fashion

Jurus Victor R. Hartono Terhindar Dari Kutukan Generasi Ketiga

Dika Irawan
Selasa, 5 Desember 2017 - 19:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada mitos, bisnis keluarga bakal hancur di tangan generasi ketiga. Bagaimana Victor R. Hartono, Presiden Direktur Djarum Foundation menanggapi hal tersebut?

Untuk diketahui Victor adalah generasi ketiga keluarga pengusaha Hartono. Ayahnya, Robert Budi Hartono. Adapun kakeknya adalah Oei Wie Gwan, pendiri perusahaan Djarum.

“Dari kecil saya sudah tahu kutukan generasi ketiga akan hancur. Hal itu jadi misi penting bagi hidup saya. Pokoknya [kalau bisa] hancurnya tidak di generasi saya, ha... ha...ha...,” ujarnya kepada tim Bisnis di sela-sela acara peluncuran panduan filantropi di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Untuk mengantisipasi kutukan itu, Victor mengatakan, perlu ada investasi di struktur bisnis keluarga dan menyiapkan penerus-penerusnya seperti anak serta cucu. Namun, yang terpenting adalah mesti ada struktur pemerintahan dalam keluarga yang bisa diterima oleh anggota keluarga lainnya.

Victor menyebutnya konsorsium para sepupu. Konsorsium ini bertugas membahas hal-hal strategis dalam bisnis keluarga. Dengan demikian, bisnis keluarga akan berjalan lebih terarah.

“Contoh, kami mau investasi di bidang ini? [Dibahas di dalam konsorsium] Kalau tidak usah ya sudah tak investasi,” tuturnya.

Menurutnya, konsorsium ini tidak bisa didelegasikan oleh orang lain harus anggota keluarga sendiri karena yang lebih mengerti. Selain itu, harus dipastikan juga bila ada anggota keluarga yang tidak mau berbisnis, maka dapat memilih keluar. Hal ini diperlukan supaya bisnis keluarga fokus berjalan tanpa ada gangguan dari dalam.

Meski begitu, Victor tetap berpegang pada prinsip hidupnya. Prinsip yang mengantarkannya hingga posisi sekarang. Menurut dia ada beberapa prinsip yang senantiasa dipegang dalam hidupnya. Tetapi hal itu terangkum dalam satu kalimat.

“Kita mesti memperlakukan orang lain seperti kita mau diri kita diperlakukan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro