Gallery Artpreneur Centre Jakarta Pamerkan Lukisan Emas Dari Korea

Gallery Artpreneur Centre tengah menggelar pameran lukisan berbahan emas murni 24 karat karya Kim Il Tae, pelukis asal Korea Selatan, di Jakarta sampai akhir Desember 2017.
Nurudin Abdullah | 18 Desember 2017 18:18 WIB
Sejumlah lukisan berbahan emas 24 karat, karya pelukis Kim Il Tae dari Korea Selatan, sedang dipamerkan Gallery Artpreneur Centre di Jakarta, hingga akhir Desember 2017. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Gallery Artpreneur Centre tengah menggelar pameran lukisan berbahan emas murni 24 karat karya Kim Il Tae, pelukis asal Korea Selatan, di Jakarta sampai akhir Desember 2017.

Jimmy Sutopo, kolektor seni pemilik Gallery Artpreneur Centre, mengatakan Kim Il Tae yang merupakan pelukis satu-satunya di dunia yang berkarya dengan bahan emas murni 24 karat.

“Pameran karya Kim Il Tae ini menjadi yang pertama kali buat Gallery Artpreneur Centre dalam memamerkan karya di luar pelukis  Indonesia,” katanya di Jakarta, Senin (18/12/2017).

Menurutnya, selama ini Gallery Artpreneur Centre menampilkan karya-karya seni pelukis Indonesia, baik masterpiece klasik seperti Affandi, Le Man Fong hingga Raden Saleh, maupun lukisan modern kontemporer.

Namun, kali ini, galeri tersebut mendapat kepercayaan untuk menampilkan lukisan emas karya Kim Il Tae yang sebelumnya telah dipamerkan di galeri seni kontemporer terbaik dunia, Galeri Sachi London di London.

“Lukisan Kim Il Tae telah dikoleksi tokoh-tokoh terkemuka dunia seperti Bill Gates, Oprah Winfrey, CEO Google Eric Schmidt, Madona dan keluarga Kerajaan Inggris,” ujarnya.

Dia menjelaskan alasan Gallery Artpreneur Centre memamerkan lukisan emas dengan kisaran harga US$1 juta karena masyarakat Indonesia sangat menyukai emas, termasuk dalam berinvestasi.

Dengan demikian, memiliki lukisan Kim Il Tae tidak ubahnya seperti orang yang berinvestasi dalam bentuk emas. Sehingga lukisan itu seperti emas batangan, yang juga bisa dinikmati sebagai karya seni.

Apalagi, imbuhnya, harga lukisan itu pun cenderung terus naik dari pameran ke pameran, yang sebelumnya di pamerkan Shanghai dan terakhir di London, ada yang terjual mencapai US$2,5 juta.

Jimmy berharap pameran lukisan yang dihelat Gallery Artpreneur Centre dapat menjadi inspirasi bagi para seniman Indonesia untuk terus berkarya dan sekaligus menciptakan standard baru dalam dunia seni di Tanah Air.

Karya Kim Il Tae terinspirasi dari alam dan kehidupan rakyat di Korea Selatan, misalnya yang terlihat pada motif lukisan bunga matahari, naga, kuda dan kehidupan rakyat Korea tradisional sehingga publik kerap menyebutnya sebagai Korean Gold Painting.

Tag : lukisan, korea selatan, galeri
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top