Sayuran hijau/mogreenjuice.com
Relationship

Tips Menjaga Keamanan Makanan

Nindya Aldila
Jumat, 29 Desember 2017 - 05:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak yang masih menganggap enteng soal menjaga keamanan makanan. Apalagi bagi Anda yang menyiapkan dan memasak makanan sendiri di rumah. Perhatikan saja hal di bawah ini.

Berikut adalah beberapa poin yang perlu Anda perhatika. Empat tip mudah untuk menjaga keamanan pangan yang hendak kita masak di antaranya adalah:

1. Bersihkan

Cuci tangan Anda sebelum memasak dan hendak makan. Cuci pula bahan makanan seperti daging dan sayuran dengan air mengalir sebelum dimasak, karena bakteri di dalamnya bisa menyebar ke perkakas dan permukaan dapur.

2. Pisahkan

Pisahkan bahan makanan yang masih mentah dan yang sudah matang karena yang mentah bisa membawa mikroba hingga terjadi kontaminasi silang.  Adapun saat membeli makanan, pisahkan kantong yang membawa sayuran dengan daging atau makanan laut

3. Masak

Masaklah makanan minimum pada suhu 63 derajat. Gunakan termometer saat memasak agar suhu yang dihasilkan bisa dipastikan. Gunakan talenan dan pisau berbeda untuk sayuran dan buah dengan daging, unggas, serta makanan laut.

4. Dinginkan

Pahami bahwa suhu berkaitan erat dengan pertumbuhan mikroorganisme. Suhu paling nyaman bagi pertumbuhan mikroba ada pada sekitar 5 derajat sampai 65 derajat. Lebih dari 2 jam, mikroba yang ada pada produk pangan tersebut akan berkembang luar biasa. Untuk itu, simpan ke kulkas atau panaskan sebelum dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro