Tip Lancar Berbahasa Inggris di Depan Umum

Belajar bahasa asing hanya bisa sukses jika dipraktikkan berulang.
Nindya Aldila | 18 Januari 2018 06:15 WIB
Guru Bahasa Inggris - internationalliving.com

Bisnis.com, JAKARTA - Belajar bahasa asing hanya bisa sukses jika dipraktikkan berulang.

Hanny Sanjaya, Head of Marketing British Council Indonesia Foundation, mengatakan jika tidak lancar berbahasa Inggris, akan mengalami beberapa kejadian, seperti salah pelafalan atau salah penggunaaan kosa kata.

Melafalkan bahasa asing dibutuhkan upaya tersendiri. Berikut adalah tip yang diberikan Hanny untuk melatih kepercayaan diri berbicara Bahasa Inggris di depan umum:

Dengar dan ulangi

Salah satu cara yang paling mengasyikan dan menghibur dalam meningkatkan kemampuan berbicara dan mendengar Bahasa Inggris adalah dengan mempraktikkan dialog atau material dari film, acara televisi atau saluran Youtube favorit. Aktifkan subtitle Bahasa Inggris, sehingga Anda bisa mengidentifikasi setiap kata.

Cari teman berlatih

Carilah teman yang sama-sama ingin lebih percaya diri berbahasa Inggris. Ketika sedang ‘hang out’, implementasikan peraturan “English Only” selama satu atau dua jam di mana setiap orang hanya boleh berbicara dalam Bahasa Inggris.

Teman yang mendukung akan membuat Anda lebih merasa nyaman untuk berbicara Bahasa Inggris tanpa disertai rasa tidak percaya diri. Bagi para profesional maupun mahasiswa, coba terapkan hal ini ketika sedang berdiskusi atau brainstorming.

Membaca dengan keras

Alokasikan 30 menit waktu setiap hari untuk membaca baik novel atau buku nonfiksi, dan 30 menit lainnya untuk membacanya dengan keras. Ini adalah cara yang baik untuk mengembangkan kemampuan membacamu sekaligus mempraktikan pelafalan dalam Bahasa Inggris, baik itu intonasi berbagai kata maupun panjang kalimat. Gunakan kamus, Google, atau Youtube jika tidak yakin bagaimana mengucapkan kata tertentu.

Jangan takut membuat kesalahan

Tidak masalah jika Anda membuat kesalahan. Jika Anda kesusahan dalam mengucapkan kalimat Bahasa Inggris yang panjang dan sulit, berhenti sejenak dan ambil napas, lalu lanjut lagi berbicara. Kenyataan bahwa Anda berkomunikasi dengan bahasa yang bukan bahasa ibumu sudah menjadi alasan yang cukup untuk bangga akan pencapaianmu.

 

 

Tag : bahasa inggris
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top