Aktris Nanette Fabray Meninggal Pada Usia 97 Tahun

Aktris Nanette Fabray meninggal pada usia 97 tahun pada Sabtu (24/2/2018). Namanya dikenal sebagai salah satu aktris cilik yang sukses pada era 1920-an.
Ilman A. Sudarwan | 26 Februari 2018 17:22 WIB
Nanette Fabray - Youtube

Bisnis.com, LOS ANGELES – Aktris Nanette Fabray meninggal pada usia 97 tahun pada Sabtu (24/2/2018). Namanya dikenal seabgai salah satu aktris cilik yang sukses pada era 1920-an.

Dikutip dari Reuters, dia mengawali kariernya di pertunjukan musikal Broadway dan melenggang ke dunia layar lebar kala beradu peran dengan aktor Fred Astaire. Di dunia layar lebar dia memenangkan tiga piala Emmy Awards saat berkolaborasi bersama aktor Sid Caesar pada masa keemasan program televisi.

Fabray diketahui juga memiliki program televisi berdurasi singkat sendiri pada 1960-an selagi namanya juga menjadi bintang dalam program sitkom One Day at a Time pada 1970-1980-an. Kepada Los Angeles Times, anaknya Jamie MacDougall mengatakan ibunya meninggal secara natural.

Sumber:Youtube

Fabray dilahirkan pada 27 Oktober 1920, namanya mulai dikenal sebagai aktris cilik dengan sebutan ‘Baby Nanette’ yang pernah tampil dalam film komedi bisu bersama komedian Ben Turpin. Dia menjalani debut sebagai aktris kala menjadi pemeran pendukung dalam film The Private Lives of Elizabeth and Essex (1939) yang diustradarai oleh sutradara Michael Curtiz.

Bakat bernanyi dan komedinya membuatnya tampil dalam beberapa teater musikal Broadway pada 1940-an seperti Hight Button Shoes bersaa komedian Phil Silvers. Dia memenangkan Tony Awards pada 1949 berkat perannya dalam Love Life, dia juga pernah masuk nominasi pada 1963 untuk perannya dalam Mister President.

Pada 1950-an, Fabray tampil bersama Sid Caesar yang kala itu sedang menjadi bintang baru dalam program sketsa komedi di televisi, Caesar Hour’s. Kala itu dia mengambil peran yang sebelumnya diisi oleh komedian Imogene Coca. Dia memenangkan Emmy Awrds 1956 dan 1957.

Salah satu peran terbesarnya di dunia film adalah ketika membintangi film musikal The Band Wagon bersama Astaire yang disutradarai oleh Vincente Minnelli pada 1953. Film tersebut meraih tiga penghargaan di ajang Academy Awards.

“Sid Caesar adalah panutan saya,” ujarnya kepada San Fransisco Chronicle pada 2000. “Fred Astaire sangat mengagumkan. Bekerja dengannya adalah sesuatu yang magis, tetapi saya punya hubungan yang lebih dekat dengan Caesar,” tambahnya.

Fabray pernah memiliki program televisinya sendiri pada 1961, namun tidak berjalan dengan baik. Selanjutnya, di lebih banyak tampil di televisi sebagai bintang tamu dan pemeran tambahan.

Dia pernah bergabung dalam acara One Day at a Time yang ditayangkan di CBS pada tahun 1979. Dia memerankan ibu dari bintang sitkom Bonnie Franklin dan muncul dalam 40 episode. Keponakan Fabray, Shelley Fabares, juga tampil sebagai pemeran reguler dalam pertunjukan itu. Fabray juga muncul dalam beberapa episode di tahun 1990-an di sitkom Coach bersama keponakannya yang memiliki peran utama.

Fabray selama hidupnya telah menikah sebanyak dua kali dan MacDougall adalah anak tunggalnya. Fabray, yang mengalami gangguan pendengaran, juga dikenal karena advokasinya untuk orang-orang dengan gangguan pendengaran.

Sumber : Reuters

Tag : aktris
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top