Matthew Whitaker Trio di panggung Tebs Hall, BNI Java Jazz Festival 2018,  Jumat (2/3/2018)./Bisnis-Ilman
Musik

The Next Stevie Wonder Curi Perhatian di BNI Java Jazz Festival 2018

Ilman A. Sudarwan
Jumat, 2 Maret 2018 - 21:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pianis Matthew Whitaker tampil di BNI Java Jazz Festival 2018 di Tebs Hall, JIExpo, Kemayoran Jakarta, Jumat (2/3/2018) malam.

Dia tampil dalam format trio bersama gitaris Edward Peter Morcaldi III, dan drummer Sipho Kunene.

Whitaker mengawali penampilannya lewat lagu instrumental berjudul Play it Back dalam tempo cepat. Selanjutnya dia membawakan lagu instrumental jazz lainnya berjudul Gotcha Now.

Pada lagu itu penampilan Whitaker, Morcaldi, dan Kunene semakin liar. Mereka memainkan perubahan tempo yang lebih cepat dan beragam.

Di sisi lain, Morcaldi yang memainkan bass tampil lebih berani dengan notasi berlarian namun tetap harmoni dengan permainan Whitaker dan ketukan Kunene.

The Next Stevie Wonder Curi Perhatian di BNI Java Jazz Festival 2018

My Favorite Things, adalah lagu selanjutnya yang dibawakan trio ini. Whitaker tampil lebih dominan dalam lagu yang mampu menciptakan suasana senang dan sendu sekaligus. Dia juga memasukkan sedikit unsur notasi musik klasik dalam permainan pianonya kali ini.

"Ini adalah pertama kalinya saya tampil di Indonesia. Saya baru sampai di sini kemarin," katanya saat menyapa penonton.

Meski baru tampil pertama di Indonesia, antusiasme penonton cukup tinggi menyambut penampilannya. Sekitar tiga pere empat kursi yang tersedia dipenuhi penonton yang datang berlarian dari panggung lainnya di festival ini.

Melihat tingginya antusiasme itu, tak heran jika sosok musisi kelahiran 2001 ini dijuluki sebagai 'The Next Stevie Wonder'.

Selain sama-sama mahir memainkan piano dan keyboard, dia dan Wonder juga sama-sama terlahir dalam kondisi tuna netra.

Dia dikenal sebagai salah satu pianis jazz muda paling berbakat saat ini. Jemari Whitaker pertama kali memainkan tuts keyboard saat kakeknya membelikam hadiah keyboard kecil pada ulang tahunnya yang ke-3. Dia kemudian dikenal sebagai musisi termuda yang disponsori Hammond pada usia 13 tahun.

Pemuda kelahiran New Jersey, Amerika Serikat ini merupakan lulusan The Harlem School of the Arts. Sewaktu masa sekolah, namanya masuk ke dalam Jazz House Big Band dan Organs Messenger di Jazz House Kids, New Jersey.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro