Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rock Melon Tercemar Bakteri, Berikut Gejala dan Pencegahan Listeriosis

Saat ini sedang hangat diperbincangkan buah rock melon asal Australia yang mengandung bakteri Listeria. Namun, apakah bakteri Listeria itu?
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 07 Maret 2018  |  15:10 WIB
Pemeriksaan bakteri Listeria monocytogenes. - Istimewa
Pemeriksaan bakteri Listeria monocytogenes. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini sedang hangat diperbincangkan buah rock melon asal Australia yang mengandung bakteri Listeria. Namun, apakah bakteri Listeria itu?

Informasi yang dikutip dari laman www.depkes.go.id bahwa bakteri Listeria monocytogenes (L. monocytogenes) diklasifikasikan sebagai bakteri gram-positif, dan bergerak menggunakan flagella.

Penelitian menunjukkan bahwa 1-10% manusia mungkin memiliki L. monocytogenes di dalam ususnya. Bakteri ini juga telah ditemukan pada setidaknya 37 spesies mamalia, baik hewan piaraan maupun hewan liar, serta pada setidaknya 17 spesies burung, dan mungkin pada beberapa spesies ikan dan kerang.

Bakteri ini terdistribusi luas di lingkungan, dapat ditemukan di tanah, pakan ternak yang dibuat dari daun-daunan hijau yang diawetkan dengan fermentasi (silage), dan sumber-sumber alami lainnya seperti feses ternak.

Sebagai bakteri yang tidak membentuk spora, L. monocytogenes sangat kuat dan tahan terhadap panas, asam, dan garam. Bakteri ini juga tahan pembekuan dan dapat tetap tumbuh pada suhu 4 derajat Celsius, khususnya pada makanan yang disimpan di lemari pendingin. Bakteri L. monocytogenes juga membentuk biofilm, yakni terbentuknya lapisan lendir pada permukaan makanan.

1 dari 6 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bakteri
Editor : Nancy Junita

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top