LUKISAN : Saat Presiden Jokowi Terbuat dari Kopi. Istana Maimun "Berasal" dari Abu Sinabung

Meski sudah usai, ada karya unik yang masih menarik untuk diperbincangkan dari Inacraft 2018 yakni lukisan berbahan dasar bubuk kopi dan serbuk abu vulkanik gunung Sinabung.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 30 April 2018  |  01:19 WIB
LUKISAN : Saat Presiden Jokowi Terbuat dari Kopi. Istana Maimun
Lukisan Presiden Jokowi dan Istana Maimun memberi daya tarik tersendiri di Inacraft 2018. - Istimewa

Bisnis.com, MEDAN—Pameran produk kerajinan yang dikenal dengan nama Inacraft tahun ini sudah berakhir. Pameran berlangsung sejak 25 April dan berakhir pada 29 April 2018.

Meski sudah usai, ada karya unik yang masih menarik untuk diperbincangkan dari Inacraft 2018 yakni lukisan berbahan dasar bubuk kopi dan serbuk abu vulkanik gunung Sinabung.

Karya itu dibuat Morris Alexander Siregar. Ia membuat lukisan tak biasa yang dipanjang di stand utama Inacraft 2018 di Jakarta Convention Center.

Dua buah lukisan karya Morris yang dipajang dalam acara ini adalah lukisan wajah Presiden Joko Widodo dan lukisan Istana Maimun. Lantas, apa yang membuat kedua lukisan ini berbeda dari lukisan pada umumnya? Jawabannya adalah bahan yang digunakan untuk melukis.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Bisnis, Minggu (29/4/2018) Morris menggunakan bubuk kopi sebagai bahan untuk melukis wajah Presiden Joko Widodo. Sedangkan  lukisan Istana Maimun dibuat dari abu vulkanik Gunung Sinabung.

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengaku terkesan dengan lukisan berbahan dasar kopi ini. Tengku Erry mengatakan sangat ingin seniman seperti ini bisa diberdayakan.

“Hasil karya seperti ini jarang dan sangat bagus, unik dan kualitasnya juga baik. Kita harus bisa memberdayakan seniman seperti ini,” ujar Erry.

Untuk menyelesaikan lukisan ini Morris butuh waktu kurang lebih dua bulan. Dia memang sudah mempersiapkannya untuk ajang pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara, Inacraft 2018.

Erry pun meminta agar para jajaran organisasi perangkat daerah atau OPD yang mendampinginya bisa memaksimalkan seniman seperti Morris.

“Tolong ya agar seniman-seniman seperti ini kita dukung terus dan berdayakan. Nanti coba kita bahas apa langkah yang bisa kita ambil untuk memaksimalkan mereka,” katanya.

Selain milik Morris, ada dua lukisan lain buatan seniman Febri Yunarta yang juga dipajang dalam perhelatan ini. kedua lukisan ini pun tergolong unik lantaran dibuat dari bahan sabut kelapa. Sama seperti Morris, Febri juga melukis wajah Jokowi dan satu karya lainnya yang menampilkan harimau.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inacraft

Editor : Saeno
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top