Festival Film Cannes Angkat Isu Perempuan Di Industri Film Global

Pembukaan Festival Film Cannes pada Selasa (8/5/2018) ditandai dengan Penelope Cruz dan Javier Bardem yang berjalan di karpet merah. Mereka mewakili film "Everybody Knows" yang ditulis dan disutradarai oleh pemenang Oscar dua kali asal Iran, Asghar Farhadi.
Aprianus Doni Tolok | 09 Mei 2018 18:43 WIB
Festival Film Cannes 2016 - Reuters

Bisnis.com, CANNES - Pembukaan Festival Film Cannes pada Selasa (8/5/2018) ditandai dengan Penelope Cruz dan Javier Bardem yang berjalan di karpet merah. Mereka mewakili film "Everybody Knows" yang ditulis dan disutradarai oleh pemenang Oscar dua kali asal Iran, Asghar Farhadi.

Farhadi berada di tengah karpet merah sambil menggandeng tangan Bardem dan Cruz, yang saat itu mengenakan gaun hitam dan anting-anting ruby panjang. Tampak pula bersama mereka, Ricardo Darin, salah satu pemeran dalam film tersebut, yang juga dikenal sebagai penulis skenario dan sutradara asal Argentina.

Film "Everybody Knows" akan bersaing dengan 21 film lain untuk meraih Palme d'Or di festival pertama Cannes setelah kasus pelecehan seksual mengguncang industri film global. Kasus ini memicu kampanye "#MeToo" di media sosial yang berimbas pada peningkatan partisipasi yang lebih besar dari perempuan dalam industri film.

Dari 21 film yang bersaing dalam Palme d'Or, diketahui hanya ada tiga film yang disutradarai perempuan.

Menyikapi hal tersebut, jajaran juri Cannes yang sengaja diisi oleh perempuan, menanggapi tudingan kekhawatiran akan isu perempuan yang dilecehkan dalam film-film yang bersaing di festival tersebut.

"Beberapa tahun yang lalu hanya ada dua!" ucap aktris Australia sekaligus pimpinan juri, Kate Blanchett dalam konferensi pers, seperti dikutip dari Reuters.

Blanchett juga mengatakan bahwa peningkatan kesadaran akan isu-isu perempuan tidak berdampak langsung pada siapa yang menang. Dia juga menegaskan bahwa kehadiran perempuan di industri film, khususnya di festival ini bukan karena alasan jenis kelamin, melainkan karena hasil karya mereka yang luar biasa. Dia mengharapkan peran perempuan dalam industri film semakin besar ke depannya.

Sebagai bukti empati dari Festival Film Cannes pada isu tersebut, mereka menyiapkan hotline bagi para korban pelecehan seksual dalam industri film dan akan menjadi tuan rumah dalam serangkaian diskusi tentang masalah ini.

Tag : festival film cannes
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top