BCA Gandeng SPBK-Perdami Gelar Operasi Katarak Gratis di Bengkulu

Bakti BCA menyelenggarakan Operasi Katarak Gratis sebagai salah satu upaya menekan jumlah kebutaan akibat katarak.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 21 Mei 2018 14:18 WIB
Katarak penyebab utama kebutaan di Indonesia - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Bakti BCA menyelenggarakan Operasi Katarak Gratis sebagai salah satu upaya menekan jumlah kebutaan akibat katarak.

Bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK-Perdami), PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) menggelar operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) TAIS, Kecamatan Seluma Kota Bengkulu pada 10-12 Mei 2018. 

Operasi katarak ini menargetkan dapat menjangkau kurang lebih 100 pasien.

“BCA menyadari bahwa layanan kesehatan yang layak dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia masih menjadi perhatian khusus. Kegiatan operasi katarak ini dilakukan oleh BCA secara berkesinambungan dan kami berupaya agar dapat menjangkau masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Kami juga menyadari bahwa katarak dapat menyerang siapapun, tidak hanya saudara kita yang sudah berumur tapi ke semua kalangan. Namun, umumnya katarak dapat dipulihkan melalui operasi,” papar Kepala Operasional Cabang (KOC) KCU BCA Bengkulu Suryono Gunawan dalam keterangan resminya, Senin (21/5/2018).

BCA telah bekerja sama dengan SPBK-Perdami sejak 2001. Sepanjang 2017, BCA telah memfasilitasi 5 tindakan operasi katarak gratis dengan total pasien sebanyak 610 pasien.

Tindakan operasi katarak gratis dilakukan di RSUD Kota Tangerang; Luwu dan Luwu Timur di Sulawesi Selatan; RSUD A Diponegoro Putussibau Kalimantan Barat; RSK Lindimara dan RS Karitas Kab Sumba Timur, Waingapu; dan RSUD Dr H Abdul Moeloek, Lampung.

Selain menyelenggarakan operasi katarak gratis, BCA juga turut menyerahkan bantuan 1 unit Phacoemulsification Cataract Machine Intuitiv AMO dan 3 set alat pendukung operasi katarak kepada Perdami pada November 2017.

Pada Desember 2017, BCA juga turut berpartisipasi dalam Operasi Katarak Gratis yang diselenggarakan oleh Kick Andy Foundation di Klinik Ume Manekan Soe, Nusa Tenggara Timur dengan total pasien sebanyak 109.

Pada akhir 2016, BCA juga telah mendonasikan Rp500 juta kepada SPBK Perdami dalam rangka pembelian dua buah mikroskop yang dibutuhkan untuk operasi katarak gratis di berbagai daerah di Indonesia. Per Desember 2016, BCA dan SPBK Perdami telah menyelenggarakan Operasi Katarak Gratis sebanyak kurang lebih 51 kali di berbagai wilayah di Indonesia.

Pada tahun ini, BCA juga telah melaksanakan operasi katarak gratis di RS Mata Prima Vision Medan, RS AU Dr. M. Hassan Toto Lanud Atang Sendjaja Bogor dan RS Columbia Asia Medan pada bulan lalu.

“Kesehatan merupakan modal penting dalam meningkatkan kualitas hidup. Melalui operasi katarak gratis ini, diharapkan masyarakat dapat kembali pulih dan sehat untuk bersama-sama membangun potensi wilayah mereka. Mari bersama-sama membangun masyarakat yang sehat dan bebas dari katarak,” tambah Suryono.

Tag : katarak
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top