Kate Middleton/Istagram
Fashion

Mengapa Wanita Inggris Anggap Topi Penting?

Renat Sofie Andriani
Rabu, 23 Mei 2018 - 10:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi para wanita Inggris, khususnya anggota kerajaan, topi memiliki peran yang sangat penting. Penasaran kan mengapa aneka rupa topi bertebaran di setiap acara formal seperti pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle baru-baru ini?

Seperti dilansir BBC, protokol kerajaan menyatakan bahwa wanita harus mengenakan topi untuk semua acara resmi. Ketentuan ini ternyata sudah berlaku sejak sebelum tahun 1950-an. Pada masa itu, setiap wanita dari kalangan kelas atas maupun kerajaan jarang memperlihatkan rambut mereka di depan umum.

Diana Mather, seorang tutor senior konsultan etiket The English Manner, mengungkapkan etika kode berpakaian menegaskan pengenaan topi oleh para wanita untuk acara-acara formal.

“Hingga tahun 1950-an, wanita sangat jarang terlihat tanpa topi karena dianggap bukan 'sifatnya' bagi para wanita untuk menunjukkan rambut mereka di depan umum,” terang Mather. “Tapi semua itu telah berubah dan topi sekarang dikenakan untuk acara-acara yang lebih formal,” lanjutnya.

Banyak perubahan memang telah terjadi sejak masa itu. Contohnya saja, istri Pangeran William Kate Middleton yang terlihat kerap tampil sempurna dengan rambut indahnya dibiarkan tergerai.

Mengapa Wanita Inggris Anggap Topi Penting?

Tetapi di sisi lain, keluarga kerajaan juga memiliki rasa tanggung jawab untuk melestarikan tradisi yang telah memudar, seperti halnya gerakan membungkuk sebagai ungkapan hormat oleh para wanita, agar dapat membedakan mereka dengan yang lain.

“Harus ada sedikit perbedaan antara keluarga kerajaan dan rakyat biasa,” terang pakar kerajaan, Victoria Arbiter, kepada Business Insider. “Tidak bermaksud arogan, tapi apa gunanya keluarga kerajaan jika mereka sama seperti kita?”

Perihal mengenakan topi untuk acara-acara mewah sendiri tidak eksklusif bagi para bangsawan.

Mengapa Wanita Inggris Anggap Topi Penting?

Hilary Alexander, direktur fesyen di The Daily Telegraph, mengatakan bahwa topi juga bagian dari tatanan sosial acara-acara megah dalam masyarakat Inggris. “Menyangkut acara spesial dalam masyarakat Inggris, tidaklah lengkap tanpa topi,” kata Alexander kepada ABC News.

“Bagi kebanyakan orang, topi adalah hal yang cukup serius dan remeh pada saat yang sama,” tambahnya. “Keberadaannya melengkapi sebuah busana dan menjadi sentuhan akhir.”

Mengapa Wanita Inggris Anggap Topi Penting?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro