Belgia Rayakan Ulang Tahun ke-60 Smurf dengan Cara Unik

Belgia merayakan ulang tahun ke-60 Smurf dengan cara unik.
Aprianus Doni Tolok | 14 Juni 2018 01:19 WIB
Ilustrasi - Film Smurfs - youtube

Bisnis.com, BRUSSELS - Belgia merayakan ulang tahun ke-60 Smurf dengan cara unik. Mereka memberi kesempatan kepada warganya untuk tinggal di desa Smurf dengan bantuan alat virtual reality (VR).

Para pengunjung akan dibawa ke dalam desa Smurf, yang berisi rumah-rumah berbentuk jamur berukuran manusia, lalu diajak menyaksikan pertarungan antara Smurf melawan Gargamel, musuh bebuyutannya. Perayaan ulang tahun Smurf yang diselenggarakan di Brussels Expo, rencananya berlangsung hingga akhir Januari 2019.

Kartun Smurf memang sangat populer di Belgia. Berawal dari kartunis Pierre Culliford, yang menggunakan nama samaran Peyo menciptakan Smurf pada 1958. Namun, karakter-karakter berwarna biru tersebut diciptakan hanya sebagai karakter pendukung dalam komik "Johan And Peewit".

Dengan melihat respon publik yang baik dan permintaan untuk membuat petualangan Smurf, kartunis Belgia tersebut menjadikan Smurf sebagai karakter utama dalam buku komik mereka sendiri pada tahun berikutnya. Kepopulerannya terus menanjak dan menjadikannya simbol pemersatu di Belgia, selain cokelat, wafel, bir, dan tim nasional sepak bola.

"Mereka adalah simbol budaya Belgia dan warisan Belgia," kata juru bicara pameran Chloé Beaufays seperti dikutip Reuters, Rabu (13/6/2018).

Puncak pencapaian Smurf adalah ketika film "The Smurfs" mencetak hit di box office Hollywood dengan capaian lebih dari US$500 juta pada 2011.

Sumber : Reuters

Tag : smurfs 2, belgia
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top