Sedang Muram? Ini 8 Makanan yang Bisa Perbaiki Suasana Hati

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino esensial yang dikenal sebagai tryptophan ternyata dapat membantu tubuh memproduksi serotonin lebih banyak.
Newswire | 11 Juli 2018 12:33 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Sering merasa lebih sensitif akhir-akhir ini meskipun tidak ada kejadian yang signifikan?

Bisa jadi karena makanan yang dikonsumsi tidak mendukung tingkat serotonin di otak. Serotonin adalah zat kimia yang dapat mempengaruhi suasana hati.

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino esensial yang dikenal sebagai tryptophan ternyata dapat membantu tubuh memproduksi serotonin lebih banyak.

Apa saja makanan yang bisa membantu meningkatkan serotonin secara alami? Berikut daftarnya seperti dilansir dari Antara, Rabu (11/7/2018):

1. Salmon
Seperti diketahui, salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 yang penting bagi kesehatan. Kandungannya bisa membantu mendukung tulang yang kuat, kulit yang sehat, dan fungsi mata yang lebih baik.

Salmon juga menjadi sumber vitamin D yang penting untuk tulang dan gigi yang kuat serta otot yang sehat. Dua porsi salmon per minggu bisa memberikan tryptophan yang cukup bagi kebanyakan orang.

Bagi mereka yang vegetarian, omega-3 bisa diperoleh dari biji labu, walnut, dan kedelai.

2. Daging unggas
Unggas termasuk ayam, kalkun, dan angsa. Beberapa bagian unggas, seperti daging ayam, memiliki protein yang tinggi dan rendah lemak.

3. Telur
Telur dikenal sebagai bahan makanan yang praktis diolah. Namun, cara pengolahan yang tidak tepat bisa mempengaruhi kandungan nutrisinya.

Menggoreng telur akan membuat lemaknya bertambah sehingga menjadi kurang sehat. Tetapi, merebus telur dan memakannya dengan salad adalah pilihan yang baik.

4. Bayam
Sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam, adalah sumber tryptophan. Bayam juga dikenal sebagai sumber zat besi, yang dapat membantu tubuh menghasilkan sel darah merah yang sehat.

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia, energi rendah, atau kesulitan bernapas.

5. Biji-bijian
Meski tidak mengandung banyak tryptophan seperti ikan, unggas, dan telur, tapi biji-bijian bisa menjadi sumber tryptophan dan protein yang baik bagi para vegetarian.

Cara lain mengonsumsi biji-bijian adalah dengan menaburkannya ke salad, menjadikannya sebagai camilan, atau menambahkannya ke sereal, bubur, atau yoghurt.

6. Susu
Susu adalah sumber kalsium yang baik yang dapat membantu menyehatkan tulang dan gigi.

7. Produk kedelai
Tahu, susu kedelai, dan kecap adalah sumber tryptophan yang baik serta bisa menjadi pilihan bagi para vegetarian.

8. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah sumber protein, lemah sehat, dan serat. Mengonsumsi kacang-kacangan di antara jadwal makan bisa membantu kita merasa lebih kenyang, sehingga tidak makan berat berlebihan.

Sumber : ANTARA

Tag : kesehatan
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top