Berikut Cara Perawatan Sehari-hari Untuk Ibu Hamil

Bagi perempuan yang sedang mengandung, perawatan sehari-hari perlu untuk dilakukan untuk memastikan kondisi tubuh tetap sehat dan janin tercukupi kebutuhan gizinya.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 24 Juli 2018 12:01 WIB
Ibu hamil - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Bagi perempuan yang sedang mengandung, perawatan sehari-hari perlu untuk dilakukan untuk memastikan kondisi tubuh tetap sehat dan janin tercukupi kebutuhan gizinya.

Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Eni Gustina menyampaikan kiat-kiat untuk perawatan sehari-hari bagi ibu hamil sesuai dengan panduan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang diterbitkan pemerintah.

"Pertama, makan beragam makanan secara proporsional dengan pola gizi seimbang dan pastikan porsinya satu porsi lebih banyak daripada sebelum hamil," paparnya dalam Temu Media dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2018 di Kantor Kemenkes, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Pola makan dengan gizi seimbang mencakup 50% sayur dan buah, 25% karbohidrat, dan 25% lauk pauk.

Kedua, ibu hamil harus memiliki istirahat yang cukup dengan durasi tidur selama 6-7 jam sehari.

"Usahakan pada siang harinya untuk tidur atau berbaring selama 1-2 jam," terang Eni.

Posisi tidur sebaiknya miring ke kiri. Khusus di daerah endemik malaria, selalu gunakan kelambu berinsektisida.

"Bersama dengan suami lakukan rangsangan atau stimulasi pada janin dengan sering mengelus-elus perut ibu dan ajak janin bicara sejak usia kandungan 4 bulan," lanjutnya.

Ketiga, menjaga kebersihan diri. Eni menjelaskan ibu hamil sebaiknya mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir sebelum makan, setelah buang air besar, dan buang air kecil.

Selain itu, menyikat gigi secara teratur minimal setelah sarapan dan sebelum tidur.

"Pastikan mandi dua kali sehari, berisikan payudara dan daerah kemaluan, ganti pakaian dan pakaian dalam setiap hari. Terakhir, periksa gigi saat memeriksa kehamilan," tuturnya.

Keempat, suami istri tetap boleh melakukan hubungan intim selama masa kehamilan tapi disarankan untuk terlebih dulu bertanya ke dokter atau bidan mengenai cara yang aman. 

Kelima, ibu hamil harus memperhatikan aktivitas fisik yang dilakukan. Ibu hamil yang sehat dapat melakukan aktivitas fisik sehari-hari dengan memperhatikan kondisi ibu dan keamanan janin yang dikandungnya.

"Suami juga penting untuk membantu istrinya yang sedang hamil untuk melakukan pekerjaan sehari-hari," tegas Eni.

Terakhir, ibu hamil disarankan melakukan senam hamil yang sesuai dengan anjuran petugas kesehatan.

Tag : kemenkes, ibu hamil
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top