Art Jakarta 2018 Dikunjungi Lebih dari 32.000 Pecinta Seni

Art Jakarta 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 2-5 Agustus 2018 di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place  dihadiri oleh lebih dari 32.000 pengunjung selama 4 hari pameran.
Mia Chitra Dinisari | 09 Agustus 2018 16:32 WIB
Salah satu karya yang ditampilkan dalam Art Jakarta 2018 - Mia Chitra Dinisari

Bisnis.com, JAKARTA -  Art Jakarta 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 2-5 Agustus 2018 di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place  dihadiri oleh lebih dari 32.000 pengunjung selama 4 hari pameran.

Di tahun ke-10 ini, Art Jakarta 2018 mencatat total penjualan mencapai 60% - 80% dari seluruh karya seni yang dipamerkan baik dari seniman lokal maupun internasional.

Hal ini menunjukkan kuatnya pasar industri seni di Indonesia. Harga karya seni yang ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari yang masih terjangkau seperti instalasi khusus dari “AJ100”, sampai karya terpilih dari Fernando Botero (Galeria El Museo/ Galeria Fernando Pradilla, Kolombia, Spanyol).

Kegiatan sosial berupa Art Charity Auction juga mendapat respon sangat baik dari peminat seni yaitu Art Carpet karya Aditya Novali yang terjual seharga Rp 58 juta dan Art Refrigerator karya Naufal Abshar yang terjual senilai Rp68 juta serta menjadi harga tertinggi dalam Art Charity Auction. Seluruh hasil Art Charity Auction ini akan disumbangkan ke Doctor Share dan Yayasan Mitra Museum Indonesia.

Paramita Soedarjo, Head of Committee Art Jakarta 2018, mengatakan, sangat bangga terhadap suksesnya 10 tahun Art Jakarta ini dan sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat terhadap karya seni yang begitu tinggi. Penyesuaian konsep baru dari Art Jakarta juga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

"Dibandingkan dengan tahun lalu, kami melihat bawah pasar seni di Indonesia semakin kuat melihat tingginya penjualan karya seni.” ujarnya. 

Gil Schneider, Fair Consultant Art Jakarta, mengatakan, sangat kagum dengan beragam karya seni yang ditampilkan oleh para seniman di Art Jakarta 2018, mereka menggambarkan dengan baik kematangan dan pencapaian yang tinggi terhadap industri seni di Indonesia.

"Art Jakarta 2018 telah menjadi pameran seni dengan standar internasional. Semoga para pengunjung dapat menikmati dan terinspirasi oleh karya seni selama pameran 10 tahun Art Jakarta ini, sehingga ke depannya semakin memahami dan memberikan apresiasi terhadap karya seni lebih dalam.” katanya. 

Sebagai platform seni terkemuka dan terpercaya berkelas internasional di Indonesia, Art Jakarta mempertemukan kolektor, art dealer, seniman, penikmat dan pelaku seni dengan memadukan seni dan gaya hidup.

Menandai satu dekade pertama perjalanannya, Art Jakarta menampilkan berbagai kegiatan dan special performance yang memberikan nilai tambah, mulai dari Creative Talk yang menghadirkan berbagai narasumber inspiratif sampai penampilan Flying Balloon Puppet Show & Pasar Purnama oleh Sasikirana DanceLab.

“Kami sangat senang Art Jakarta 2018 ini mampu mewujudkan misinya, tidak hanya menjadi tempat untuk membeli karya seni, tapi juga menjadi wadah edukasi, mengembangkan komunitas art, dan menjadikan Art Jakarta sebagai platform untuk seniman- seniman muda potensial sehingga industri seni di Indonesia bisa semakin berkembang,” tutup Paramita Soedarjo.

Tag : seni
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top