Merasa Lelah Hampir Setiap Hari? Kenali Diabetes Lebih Dalam

Merasa Lelah Hampir Setiap Hari? Kenali Diabetes Lebih Dalam
Eva Rianti | 28 Agustus 2018 11:56 WIB
Ilustrasi Diabetes Melitus - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Setiap individu seringkali mengalami kelelahan, baik karena terlalu banyak bekerja atau mengalami stress secara mental.

Ketahuilah bahwa rasa lelah menjadi pertanda buruknya kesehatan. Salah satunya adalah diabetes, penyakit ini menyebabkan yang menderita mudah mengalami kelelahan.

Diabetes merupakan gangguan metabolisme umum yang memengaruhi kesehatan. Dilansir dari Boldsky, studi terbaru menunjukkan bahwa ketika seseorang merasa lelah pada satu periode tertentu, itu bisa menjadi tanda diabetes, terutama jika mereka melihat gejala lain dari gangguan ini.

Diabetes dapat digambarkan sebagai gangguan metabolisme di mana ada peningkatan abnormal dalam kadar gula darah tubuh karena fluktuasi hormon insulin.

Gangguan ini tidak dapat disembuhkan, tetapi gejalanya dapat diobati ketika didiagnosis pada waktunya dan dengan obat-obatan biasa serta perubahan gaya hidup.

Lelah Tengah Hari

Ketika seseorang menderita diabetes, kadar gula darahnya akan tinggi secara abnormal, memicu sejumlah gejala yang terkait dengan gangguan tersebut.

Jadi, ketika seseorang merasa lelah di tengah hari, yaitu antara jam 1 sampai 4 sore, terutama setelah makan siang, itu bisa menunjukkan adanya diabetes.

Hal ini terjadi karena seseorang yang baru saja mengonsumsi makanan, kadar gula darah yang sudah tinggi akan meningkat lebih tinggi lagi. Tubuh kemudian harus bekerja lebih keras untuk memproses gula ini karena kadar hormon insulin rendah pada pasien diabetes.

Ini menyebabkan seseorang merasa sangat lelah secara tiba-tiba pada tengah hari, meskipun mereka mungkin tidak terlibat dengan aktivitas yang berat.

Meskipun diabetes dapat menyebabkan kelelahan setelah makan setiap hari, tidak peduli waktu, karena makanan semakin menaikkan kadar gula darah, gejala kelelahan di tengah hari dapat menjadi tanda diabetes yang lebih kuat.

Namun, hanya gejala kelelahan ini selama tengah hari setelah makan, mungkin tidak cukup untuk menentukan fakta bahwa seseorang menderita diabetes. Harus ada setidaknya beberapa gejala diabetes yang dialami, bersama dengan kelelahan tengah hari untuk memberi tahu seseorang bahwa sudah waktunya untuk diuji untuk diabetes.

Beberapa gejala diabetes lainnya yang harus diwaspadai untuk membantu mendiagnosis gangguan tersebut adalah haus yang berlebihan, sering buang air kecil, berat badan yang tiba-tiba dan tidak terduga, penglihatan kabur, dan flutuasi nafsu makan.

Gejala lainnya: kekebalan yang berkurang, kapasitas penyembuhan luka yang lambat, kapasitas penyembuhan penyakit yang lambat, metabolisme yang menurun, iritabilitas, kulit gatal, sering infeksi jamur, pembengakakan gusi, sering infeksi gusi, disfungsi seksual dan kehilangan libido, terutama bagi kalangan pria, mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki, serta gastritis.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika didiagnosis dengan diabetes?

Setelah diperiksa sendiri, ketika Anda melihat bahwa Anda memiliki beberapa gejala diabetes yang disebutkan di atas bersama dengan gejala kelelahan tengah hari, dokter akan segera memulai pengobatan yang dapat membantu menjaga kadar gula darah.

Selain itu, Anda juga akan disarankan untuk membuat perubahan gaya hidup tertentu yang dapat membantu mengendalikan gejala diabetes. Beberapa saran tersebut diantaranya, mengonsumsi makanan sehat yang tanpa ada kandungan gula, berolahraga cukup setiap hari dan mencoba mempertahankan berat badan yang sehat, berhenti bersikap buruk seperti merokok, mengonsumsi karbohidrat dan lemak, serta memastikan bahwa tekanan darah dan kadar kolesterol terkendali.

 

Tag : diabetes
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top