Ini Penyebab Indeks Kebahagiaan Orang Indonesia Meningkat

Indeks Kebahagiaan Orang Indonesia Meningkat, Ini Faktor Utamanya
Eva Rianti | 30 Agustus 2018 19:31 WIB
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pusat Statistik mencatatkan bahwa indeks kebahagian orang Indonesia mengalami peningkatan dalam 3 tahun terakhir.

Menurut data BPS, indeks kebahagiaan Indonesia mengalami kenaikan dari 68,28 pada 2014 menjadi 70,69 pada 2017 dengan skala 0 –100. 

Indeks kebahagiaan Indonesia ini disusun oleh tiga dimensi yaitu kepuasan hidup, perasaan, dan makna hidup. Dari ketiga dimensi ini, kepuasan hidup berkontribusi paling besar yakni 35%, dilanjutkan dengan dimensi perasaan (31%) dan dimensi makna hidup (34%).

Laporan ini membuktikan bahwa faktor keharmonisan keluarga yang merupakan salah satu indikator kepuasan hidup menjadi nilai yang paling berpengaruh tinggi terhadap kebahagiaan seseorang dengan angka 80,05.

Hal ini sejalan dengan temuan dari Harvard Study of Adult Development, studi terpanjang (selama 75 tahun yang pernah ada) dan terlengkap yang menyatakan bahwa memiliki hubungan yang dekat dan berkualitas dengan keluarga dan orang terdekat membuat seseorang menjalani hidup dengan lebih sehat dan bahagia.

Psikolog Intan Erlita berpendapat bahwa kadangkala sebagian orang tidak menyadari atau bahkan melupakan bahwa hal yang berpengaruh paling besar pada kepuasan hidupnya adalah keluarga.

“Di sinilah pentingnya quality time bersama keluarga. Ini [quality time] sangat perlu dilakukan, bahkan harus dipaksakan,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (30/8/2018).

Melalui quality time, ikatan kekeluargaan akan semakin kuat sehingga memberi dampak pada kepuasan kehidupan hingga mempengaruhi kebahagiaan.

Intan menegaskan bahwa kebersamaan dan komunikasi adalah kunci mencapai keluarga yang harmonis. 

Tag : bps
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top