Ternyata Leukimia Bukan Satu-satunya Kanker Darah. Lalu Apa Saja?

Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa leukimia sama dengan kanker darah. Padahal, kanker darah memiliki cakupan yang lebih luas bukan hanya leukimia.
Dewi Andriani | 06 September 2018 17:31 WIB
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa leukimia sama dengan kanker darah. Padahal, kanker darah memiliki cakupan yang lebih luas bukan hanya leukimia.

Lim Zi Yi, konsultan senior hematologi Parkway Cancer Center (PCC) mengatakan leukimia hanya salah satu dari tipe kanker darah, bukan satu-satunya kanker darah itu sendiri.

Kesalahpahaman tersebut muncul karna leukimia merupakan tipe yang paling banyak didengar oleh masyarakat.Selain leukimia, kanker darah juga mencakup limfoma dan myeloma, ujarnya.

Kanker darah merupakan tipe kanker yang mengganggu produksi dan fungsi sel darah. Pada kebanyakan kasus, sel abnormal atau kanker, tumbuh tidak terkontrol sehingga mengganggu pembentukan sel sehat.

Akibatnya sel darah tidak bisa menjalankan fungsinya seperti mencegah infeksi atau pendarahan,tuturnya.

Leukimia merupakan tipe kanker darah yang mengganggu fungsi sel darah putih akibat pertumbuhan sel darah putih abnormal yang terlalu cepat.

Sementara itu, limfoma memengaruhi kerja kelenjar getah bening dan limfatik yang berfungsi mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh memproduksi sel imunitas.

Adapun myeloma memengaruhi sumsum tulang dan dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh yang memiliki sum-sum tulang seperti tulang panggul dan tulang belakang.

Karena dapat tumbuh di beberapa bagian pada saat bersamaan, myeloma sering disebut sebagai multiple myeloma, tuturnya.

Menurutnya, leukimia lebih banyak menyerang anak-anak sedangkan untuk orang dewasa penyakit kanker darah yang umum terjadi adalah myeloma dan limfoma.

Tag : Leukimia Akut, Kanker Limfoma, kanker
Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top