Pasangan Kolektor Prancis Rayakan 100 Tahun Berakhirnya Perang Dunia I

Pasangan kolektor Prancis akan merayakan 100 tahun berakhirnya Perang Dunia I dengan memamerkan barang koleksi peninggalan perang kepada masyarakat.
Aprianus Doni Tolok | 31 Oktober 2018 12:27 WIB

Bisnis.com, JAKARTA  - Pasangan kolektor Prancis akan merayakan 100 tahun berakhirnya Perang Dunia I dengan memamerkan barang koleksi peninggalan perang kepada masyarakat.

Chantal dan Serge Giudece adalah sepasang suami istri yang memiliki koleksi unik. Mereka mengoleksi barang-barang peninggalan Perang Dunia I dan disimpan di dalam rumah. Rumah mereka pun berubah bak museum.

Di dalamnya terdapat vas yang diukir dari pecahan peluru, seragam tentara hingga patung pesawat perang yang terbuat dari sisa-sisa Zeppelin. Setidaknya terdapat 3.000 lebih objek terkait dengan konflik yang terjadi pada 1914-1918.

Chantal yang berusia 56 tahun mengakui telah mengumpulkan barang-barang peninggalan Perang Dunia (PD) I sejak 20 tahun silam. Pengalaman masa kecil yang dekat dengan peralatan militer menjadi alasannya.

"Daripada bermain dengan boneka, [sewaktu kecil] saya lebih senang dikelilingi oleh seragam dan peralatan militer," ujarnya seperti dikutip dari Reuters.

Kedua kolektor itu sedang mempersiapkan perayaan peringatan 100 tahun berakhirnya PD I yang jatuh pada 11 November 2018. Nantinya rumah mereka akan dibuka untuk umum atau masyarakat dapat berkunjung dan melihat barang-barang peninggalan PD I secara lebih dekat.

Sang suami, Serge, berharap koleksi mereka dapat menjadi pengingat bagi masyarakat akan salah satu perang paling bersejarah tersebut.

Tag : kolektor seni
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top