Moka Luncurkan Program Loyalitas Berbasis Digital untuk Perempuan

Bisnis.com, JAKARTA -- Moka, startup penyedia layanan kasir digital mendukung para perempuan wirausaha kreatif melalui acara Indonesias Women Forum 2018 yang digelar oleh Femina Group bersama dengan Google Indonesia dan P&G Indonesia.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 09 November 2018 06:57 WIB
Moka, startup penyedia layanan kasir digital mendukung para perempuan wirausaha kreatif melalui acara Indonesias Women Forum 2018 - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Moka, startup penyedia layanan kasir digital mendukung para perempuan wirausaha kreatif melalui acara Indonesia’s Women Forum 2018 yang digelar oleh Femina Group bersama dengan Google Indonesia dan P&G Indonesia.

Menurut Bayu Ramadhan, VP Brand & Marketing Moka, merchant Moka  yang telah mengaplikasikan program loyalitas terbukti berhasil mengalami peningkatan pendapatannya sebesar rata-rata 48,47%.

“Selain mudah karena semua sistem berbasis digital, program loyalitas juga dapat membantu bisnis dalam meningkatkan pendapatannya, dan tentunya bisa lebih dekat dengan pelanggan,” kata Bayu melalui siaran pers, Kamis (8/9/2018).

Mengacu dari survei Google Indonesia, Bayu menyebut bahwa ada 47% wanita pengusaha UKM belum menggunakan internet untuk mengembangkan bisnis mereka. Padahal, wirausaha yang menggunakan mengadaptasikan teknologi dalam mengembangkan bisnisnya mengalami kemajuan sebanyak 80% dibandingkan dengan yang tidak mengadaptasikan teknologi.

Bayu menyebut bahwa program loyalitas merupakan satu jenis strategi yang dapat dijalankan oleh para pelaku usaha. Di mana program loyalitas merupakan metode yang efektif untuk mempertahankan pelanggan melalui pemberian insentif agar mereka melakukan pembelian berulang bagi produk dan jasa yang ditawarkan.

Penelitian dari Nielsen juga menyebutkan 84% konsumen cenderung lebih memilih retail yang menawarkan program loyalitas kepada pelanggannya. Dengan memanfaatkan program loyalitas, bisnis dapat menjaga hubungan dengan pelanggan setia melalui keutamaan mengenal produk populer, pola pembelian, serta masukan dan kritik yang diberikan oleh pelanggan.

Oleh sebab itu ada tiga keuntungan lain yang didapatkan dari program loyalitas Moka. Pertama, program ini akan membuat 50% pelanggan dengan program loyalitas lebih condong mencoba produk baru.

Kedua, strategi mempertahankan pelanggan dengan program loyalitas memiliki lima kali lipat biaya lebih rendah untuk bisnis. Ketiga, program ini akan lebih menguntungkan bagi pemilik bisnis karena pelanggan dengan program loyalitas akan berbelanja 31% lebih banyak dari pelanggan yang lain.

Rima WS, pemilik dari ItjeHer Salon yang sudah memiliki lima cabang di Jakarta mengatakan bahwa kunci utama keberhasilan dari industri jasa adalah dengan memberikan pelatihan yang baik serta perhatian khusus kepada pegawainya.

“Saya selalu memperhatikan perilaku dari pegawai salon karena pegawai akan menjadi pihak pertama yang dekat dengan pelanggan. Baik ketika melayani, maupun menjadi pendengar ketika pelanggan menyampaikan keluhan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Moka berdiri pada 2014 yang memberikan solusi teknologi kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM.

Moka telah dipercaya oleh lebih dari 12.000 outlet di Indonesia mengisi seminar dengan berbagi kepada para pelaku usaha untuk memanfaatkan program loyalitas kepada pelanggan melalui platform digital.

Tag : wirausaha, fintech
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top