Tips Dan Trik Pemilihan Pakaian Agar Terlihat 'Singset' ala Fahmi Hendrawan

Fahmi Hendrawan, CEO sekaligus Desainer Fatih Indonesia memberikan tujuh tips jitu untuk memilih model pakaian terbaik agar Anda terlihat tampil lebih langsing atau singset.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 23 November 2018 03:48 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki bentuk tubuh yang besar dapat menjadi masalah fesyen tersendiri bagi seseorang.

Pemilihan model pakaian yang tidak sesuai dengan bentuk tubuh juga seringkali menjadi penyebab bagi orang yang bertubuh besar menjadi tidak percaya diri akan gaya fesyennya.

Fahmi Hendrawan, CEO sekaligus Desainer Fatih Indonesia memberikan tujuh tips jitu untuk memilih model pakaian terbaik agar Anda terlihat tampil lebih langsing atau singset.

Fahmi mengatakan, yang paling utama dari penggunaan tips pemilihan pakaian untuk orang yang bertubuh besar adalah rasa percaya diri.

"Jadi, dimulai harus dari dalam diri kita sendiri harus percaya diri dengan tampilan dan kondisi tubuh kita sendiri artinya harus menerima diri kita, dengan begitu [aura] itu akan keluar dengan sendirinya," tutur Fahmi saat dihubungi Bisnis, Kamis (22/11/2018).

Fahmi mengatakan dengan memiliki rasa percaya diri, pakaian yang dikenakan hanya akan menjadi pelengkap dari kepribadian si pemakai.

Kedua, untuk memaksimalkan tampilan bagi laki-laki atau perempuan yang memiliki ukuran tubuh besar agar terlihat langsing usahakan kerah pakaian yang dikenakan berpotongan "V" neck.

"Itu akan memberikan efek langsing untuk orang-orang yang berbadan besar baik laki-laki maupun yang perempuan. Bagi yang berhijab, usahakan jangan menggunakan jilbab langsung atau yang dimodel macam-macam," kata Fahmi.

Ketiga, untuk model pakaiannya, untuk perempuan usahakan jangan memakai pakaian yang terlalu longgar.

"Semakin longgar, maka akan semakin terlihat gemuk, jadi pakailah model pakaian yang pas di badan cuma yang menarik, enggak harus ketat, jangan karena ingin menutupi diri [terus menggunakan pakaian yang sangat longgar]," lanjutnya.

Keempat, Fahmi menyarankan untuk memilih pakaian yang motifnya tidak terlalu besar atau ramai.

"Jika menggunakan pakaian yang motifnya besar justru akan terlihat semakin ramai dan akan menimbulkan efek semakin besar pada tubuh, jadi sebisa mungkin pilih pakaian dengan motif yang kecil, atau kalau motif garis yang bentuknya tegak lurus ke bawah [vertikal]," tutur Fahmi.

Fahmi juga menyarankan, apabila ingin mengenakan pakaian bermotif bisa dipadukan dengan atasan atau bawahan berwarna polos.

Kelima, untuk pemilihan bahan kain, Fahmi menyarankan untuk memilih bahan kain yang tidak terlaku berat atau terlalu timbul seperti wol dan sebagainya.

"Usahakan jangan terlalu sering mengenakan pakaian [dengan bahan kain berat] kecuali dalam kondisi cuaca yang dingin. Paling aman menggukan bahan pakaian yang terbuat dari katun dan linen," paparnya.

Keenam, untuk model pakaian bagi laki-laki Fahmi tidak menyarankan untuk menggunakan celana yang berpotongan seperti pensil atau skinny jeans.

"Sebaiknya memilih potongan celanan yang straight [lurus] modelnya, jika menggunakan model potongan 'Skinny' itu bisa terlalu menonjolkan bagian paha," ujarnya.

Lalu untuk model atasan, Fahmi menyarankan bagi untuk mengenakan atasan berlengan panjang. Dan jika mengenakan jas makan disarankan untuk memakai jas yang ukurannya pas di badan serta memilih dasi dengan ukuran yang lebar.

"Kalau menggunakan dasi yang kecil yang sempit, akan memberikan efek lebar pada badan, namun jika menggunakan dasi yang lebar pada orang yang bertubuh besar itu akan terlihat biasa saja," jelasnya.

Ketujuh, Fahmi menyarankan untuk menggunakan warna-warna gelap seperti warna hitam.

"Ada triknya [agar tidak terlihat monoton dengan warna gelap], semisal pakai atasan berwarna hitam, gunakan bawahan berwarna cerah," kata Fahmi.

Tag : fesyen
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top