Agar Sukses Membangun Hubungan, Lakukan 4 Strategi Ini

Membangun hubungan adalah bagian dari seni. Untuk menjadi pembangun hubungan yang efektif, seseorang perlu memiliki strategi yang jitu
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 15 Januari 2019  |  00:13 WIB
Agar Sukses Membangun Hubungan, Lakukan 4 Strategi Ini
Kencan/Ilustrasi - Yolasite

Bisnis.com, JAKARTA – Membangun hubungan adalah bagian dari seni. Untuk menjadi pembangun hubungan yang efektif, seseorang perlu memiliki strategi yang jitu.

Memahami strategi dalam membangun hubungan dengan orang lain dapat membuat Anda memiliki jaringan (link) yang luas dan tentunya dapat mendorong karier Anda agar lebih berhasil. 

Berikut adalah beberapa strategi dan ide yang dapat membantu Anda membangun hubungan, seperti dilansir dari Lifehack, baru-baru ini.  

Jadilah Apresiatif

Salah satu fondasi membangun hubungan adalah menghargai orang-orang yang bekerja sama dengan Anda di tempat kerja. Ini termasuk klien, bos, ataupun rekan kerja.

Luangkan waktu untuk mengucapkan terima kasih dan benar-benar menghargai apa yang telah mereka lakukan untuk Anda.

Mungkin dalam merespon masukan atau kritikan dari klien, tips dan panduan dari atasan, atau mungkin bantuan teman Anda membuatkan ide presentasi yang bagus. Pada intinya, bersikaplah untuk selalu menghargai bagaimana orang lain berinteraksi dan membantu Anda.

Berikan Sebanyak yang Anda Dapatkan

Pastikan diri Anda meluangkan waktu dan energi untuk memberikan sebanyak yang Anda dapatkan, bahkan lebih.

Dalam urusan karier, hal ini menjadi poin penting bagi siapapun yang bekerja di perusahaan manapun. Usahakan, Anda memberikan produk kerja yang hebat kepada atasan. Ini menjadi nilai yang sangat bagus bagi bos Anda. Atau Anda juga bisa memberikan wawasan yang lengkap kepada klien dan pelanggan Anda, baik internal maupun eksternal.

Bersikap sosial

Hubungan kerja tidak hanya dibuat dan dikembangkan di tempat kerja. Sering kali, ini terjadi di luar gedung tempat Anda bekerja. Ini bisa terjadi saat makan siang, ketika ngopi, atau saat di gym.

Luangkan waktu untuk mengundang orang-orang penting yang ingin Anda bangun hubungan dengan makan siang atau ngopi. Anda tidak selalu harus berbicara tentang topik pekerjaan. Beberapa hubungan kerja terbaik membangun fondasi hubungan di luar kantor tanpa membicarakan soal pekerjaan sama sekali.

Bantu Orang Lain Berhasil

Mungkin tidak ada cara yang lebih baik dalam membangun hubungan yang Anda butuhkan untuk berhasil dalam karier Anda daripada membantu orang lain untuk berhasil. Satu hal ini sangat kuat, bahkan seakan-akan hubungan yang Anda bangun terasa begitu instan.

Jika ada orang yang mengatakan kepada Anda: “Beri tahu saya jika ada yang bisa saya lakukan. Saya sangat senang melakukan apa yang bisa untuk membantu orang lain”, Anda akan tersanjung bukan? Inilah yang bisa merekatkan hubungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
relationship, Tips Karir

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup