Karyawan melayani pelanggan di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (2/1/2019)./Bisnis-Endang Muchtar
Relationship

6 Cara Agar Orang Lain Nyaman dengan Anda

Tika Anggreni Purba
Kamis, 31 Januari 2019 - 13:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kemampuan untuk berinteraksi sosial merupakan bagian dari kecerdasan emosional. Akan tetapi, tidak semua orang mampu untuk berinteraksi dengan baik.

Sebagian orang merasa kurang nyaman untuk bergaul dengan orang lain, bahkan kadang-kadang ada orang yang merasa tak nyaman dengan dirinya sendiri.

Bagaimana caranya agar merasa nyaman ketika berinteraksi dengan orang lain dan orang lain merasa nyaman dengan Anda?

Laman Psychology Today mengulas beberapa tips berikut ini:

1. Kontrol bahasa tubuh

Untuk tampil lebih percaya diri, cobalah untuk melatih kontak mata dengan orang lain, tersenyum, dan berjabat tangan dengan erat. Orang-orang yang tampak percaya diri seperti ini dianggap lebih mudah didekati dan hangat. Hal ini tidak hanya membantu Anda untuk merasa nyaman, tetapi juga membantu orang lain untuk merasakan hal yang sama dengan Anda.

2. Perhatikan apa yang Anda katakan

Sama pentingnya dengan komunikasi nonverbal, mengontrol gaya bahasa dan komunikasi lisan juga mempengaruhi hubungan sosial. Orang-orang cenderung tidak senang dengan orang yang suka bersumpah serapah, suka marah, dan perilaku buruk lainnya. Batasi cara komunikasi seperti ini untuk membuat orang lain nyaman dengan Anda.

3. Buat batasan

Dalam interaksi sosial tetap diperlukan batasan. Ada batasan yang tepat antara Anda dan orang lain yang harus dipenuhi. Misalnya, perlu membatasi sejauh mana Anda mendengarkan kehidupan pribadi orang lain. Anda juga perlu membatasi privasi apa yang ingin Anda bukakan pada orang lain dan apa yang tidak perlu dibicarakan kepada orang lain.

4. Peka

Interaksi sosial membutuhkan kepekaan untuk membaca orang lain dari sikap verbal maupun nonverbalnya. Dengan kepekaan Anda bisa menilai orang lain sedang cemas, sedih, marah, bahagia, atau stres. Gunakan kepekaan tersebut ketika berhadapan dengan orang lain. Dengan mengasah kepekaan, Anda bisa terbantu untuk lebih berempati.

5.  Mengelola emosi dengan baik

Dalam berhadapan dengan orang lain, Anda juga harus mampu mengendalikan perasaan dan emosi. Ketika  kesal, ingin tertawa, marah, atau ekspresi emosi lainnya, pastikan semua itu sesuai tempat dan waktunya. Jika ingin dianggap positif oleh orang lain, Anda harus bisa mengendalikan emosi dan perasaan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro