Es krim/wisegeek.com
Health

Benarkah Minum Air Es Bisa Memicu Penyakit Jantung? Ini Penjelasannya

Denis Riantiza Meilanova
Jumat, 8 Februari 2019 - 08:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dokter spesialis bedah toraks kardiovaskular dan Chairman Siloam Heart Institute dr Maizul Anwar, Sp.BTKV mengatakan, meski tidak terdapat korelasi kebiasaan minum es setelah makan terhadap kesehatan jantung, namun  air dingin atau es memang tidak dianjurkan bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung.

"Kalau jelas sudah punya penyakit jantung, janganlah minum es karena rasa dingin bisa membuat pembuluh darah menciut dan mungkin berpengaruh ke jantungnya," kata Maizul, Kamis (7/2/2019).

Seperti diketahui, banyak beredar informasi di masyarakat tentang dampak mengonsumsi air dingin atau es terhadap kesehatan jantung melalui sebuah pesan berantai di media sosial.

Dalam pesan tersebut disampaikan bahwa kebiasaan minum air dingin setelah makan dapat berbahaya bagi kesehatan jantung. Disebutkan penyebabnya karena air dingin atau es bisa membekukan minyak/lemak makanan yang baru saja ditelan dan bisa menempel di dinding usus.

Maizul Anwar mengatakan, bahwa pesan yang menyebutkan kebiasaan minum es setelah makan dapat menyebabkan penyakit jantung tidaklah benar.

"Kalau makan dan minum es tidak berpengaruh karena makan akan dikunyah dengan enzim dari mulut dan lambung, sehingga tidak akan beku di usus karena suhu lambung juga hangat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro