KARS Terima Sertifikasi ISQua Untuk Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit

Untuk ketigakalinya Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) menerima sertifikasi internasional dari ISQua. Tahun ini KARS menerima sertifikasi terkait dengan standar nasional akreditasi rumah sakit.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 25 Februari 2019  |  16:17 WIB
KARS Terima Sertifikasi ISQua Untuk Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit
Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Ketua Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Sutoto dalam acara Penyerahan Sertifikat ISQua untuk Standar dan Organisasi kepada KARS di Jakarta, Senin (25/2/2019) - Denis Riantiza M

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) berhasil mendapatkan sertifikasi internasional mengenai Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) dari ISQua.

Ini merupakan sertifikat ketiga yang diperoleh KARS dari ISQua. Sebelumnya pada 2015 telah diterima sertifikasi dari ISQua untuk lembaga KARS, dan pada 2017 mendapatkan sertifikasi untuk surveyor training program KARS.

"Ini memiliki arti KARS sebagai badan akreditasi, telah mendapat pengakuan sebagai lembaga akreditasi internasional," ujar Ketua Eksekutif KARS Sutoto, di acara penyerahan sertifikasi oleh ISQua kepada KARS, di Jakarta, Senin (25/2/2019).

Sutoto menjelaskan bahwa dengan diperolehnya sertifikasi ini, maka KARS telah mendapatkan tiga sertifikat internasional dari segi kelembagaan, surveyor, dan standar akreditasi.

Hal ini menunjukkan KARS dalam melakukan akreditasi rumah sakit telah memiliki kualitas akreditasi yang sama dengan lembaga akreditasi terkenal dunia lainnya.

ISQua atau International Society for Quality in Health Care merupakan lembaga akreditasi dunia yang melakukan akreditasi untuk lembaga akreditasi di seluruh dunia.

Sertifikasi yang dilakukan meliputi sertifikasi untuk lembaga akreditasi, training program untuk surveyor, dan standar akreditasi.

"Ini menjadi sangat penting bagi kami dan dunia rumah sakit di Indonesia. Karena dengan sertifikasi ini sekaligus tiga sertifikat internasional telah bisa diraih oleh KARS," kata Sutoto.

KARS sendiri merupakan organisasi nonprofit yang memiliki misi untuk membimbing dan membantu rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien melalui akreditasi.

Selain itu, pada kesempatan ini, KARS juga meluncurkan jurnal ilmiah KARS dengan tajuk "The Journal of Hospital Accreditation" dan Majalah Media KARS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rumah sakit

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top