Satu Abad Sekolah Bauhaus Diperingati di Europe On Screen 2019

Tahun ini Europe on Screen, festival film internasional terbesar di Indonesia, akan turut merayakan 100 tahun berdirinya Bauhaus, sebuah sekolah asal Weimar, Jerman yang berpengaruh di bidang seni dan desain.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 20 April 2019  |  16:32 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun ini Europe on Screen, festival film internasional terbesar di Indonesia, akan turut merayakan 100 tahun berdirinya Bauhaus, sebuah sekolah asal Weimar, Jerman yang berpengaruh di bidang seni dan desain.

Sebagai institusi, Bauhaus menyemarakkan prinsip kombinasi dari berbagai bidang seni seperti desain, arsitektur, dan edukasi.

Bauhaus didirikan di Weimar pada tahun 1919 oleh Walter Gropius, seorang arsitek asal Jerman. Berdiri selama 14 tahun, walau banyak menghadapi masalah, Bauhaus tetap mengajar banyak murid, dan menghasilkan seniman legendaris seperti Paul Klee, Wassily Kandinsky, and Johannes Itten.

Bauhaus mengajarkan muridnya untuk meliputi berbagai bidang seni untuk keselarasan, termasuk arsitektur.

Walau kehadiran Bauhaus cukup singkat, peranan Bauhaus cukup penting dalam membentuk gerakan seni modern dan terus menginspirasi banyak seniman di seluruh dunia hingga saat ini.

“Bauhaus tidak hanya tentang arsitektur, tetapi juga tentang penggunaan sehari-hari. Bauhaus tidak hanya berpengaruh terhadap arsitektur Jerman saja, tetapi juga terhadap arsitektur di seluruh dunia," ungkap Peter Schoof, Duta Besar German pada pembuka pameran Bauhaus, dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (20/4/2019).

Bauhaus juga menjadi bagian yang sangat penting dari sejarah politik abad terakhir dan pengembangan kreativitas, serta tentang bagaimana budaya dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Untuk merayakan 100 tahun berdirinya Bauhaus, Europe on Screen Bersama dengan Goethe-Institut Indonesia di Jakarta menghadirkan dua acara spesial.

Acara pertama, pemutaran film dokumenter Bahauas Spirit, arahan sutradara Niels Bolbrinker, Thomas Tieslch. Dokumenter ini dibuat khusus untuk memperingati perayaan #Bauhaus100 pemutaran akan dilakukan di beberapa tempat, termasuk Goethe-Institut, Erasmus Huis, Wisma Jerman Surabaya, dan Binus Alam Sutera.

Acara kedua, Bauhaus Video Exhibition, yang merupakan pameran kumpulan arsip potongan dan film pendek. Pameran ini akan berlangsung selama festival Europe on Screen berjalan, yaitu 19-30 April 2019 di Goethe-Institut Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
festival film, seni budaya

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top