Anak-anak menunggu waktu berbuka pada acara buka puasa bersama 1.200 anak yatim di Jakarta, Selasa (22/5/2018)./JIBI-Dwi Prasetya
Health

Ini Penyebab Tubuh Sering Lemas saat Puasa

Rayful Mudassir
Kamis, 9 Mei 2019 - 19:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perasaan lemas kerap menghantui setiap Anda berpuasa, tidak terkecuali saat Ramadan. Lalu, apa penyebab kondisi itu dapat terjadi?

Medical Expert Combiphar dokter Sandi Perutama Gani mengatakan perasaan lemas saat puasa dapat disebabkan oleh beberapa kondisi. Salah satunya adalah turunnya jumlah hemoglobin di dalam tubuh.

Selain berkurangnya sel darah merah tersebut perasaan lemas juga dapat disebabkan oleh kesalahan memilih menu makanan saat sahur dan berbuka, kekurangan cairan serta kurang olahraga.

"Ketika berolahraga, jantung akan memompa darah lebih cepat ke seluruh tubuh dan membuat tubuh terasa lebih bugar," katanya saat media breakfasting di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Menurutnya, saat jantung tidak memompa darah lebih cepat, tubuh akan terasa lemas karena kurang oksigen. Oleh karena itu, meski sedang berpuasa, olahraga secara konsisten perlu dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kekurangan masing-masing individu.

Di samping itu, secara umum tubuh akan merasa lapar sekitar 4 - 8 jam setelah makan terakhir termasuk saat puasa. Artinya rasa lapar akan terasa sekitat pukul 10.00 WIB - 11.00 WIB. Namun, setelahnya saat pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB tubuh akan kembali bugar.

"Kondisi ini terjadi karena pada pukul 13.00 WIB tubuh akan mulai mengompensasi rasa lapar dengan mengeluarkan cadangan makanan yang ada di dalam tubuh," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro