5 Pendekatan Ini Bantu Tekan Kecemasan Secara Alami

Kecemasan dan stres adalah salah satu masalah kesehatan mental yang paling meluas yang memengaruhi orang dewasa. Untuk itu, diperlukan cara yang efektif untuk mengendalikan kecemasan secara alami, tanpa ketergantungan medis.
Jordy Triawan
Jordy Triawan - Bisnis.com 13 Mei 2019  |  16:39 WIB
5 Pendekatan Ini Bantu Tekan Kecemasan Secara Alami
Ilustrasi - Canmua

Bisnis.com, JAKARTA - Kecemasan dan stres adalah salah satu masalah kesehatan mental yang paling meluas yang memengaruhi orang dewasa. Untuk itu, diperlukan cara yang efektif untuk mengendalikan kecemasan secara alami, tanpa ketergantungan medis. 

Perlu diketahui bahwa kebanyakan orang mengira stres dan kecemasan adalah hal yang sama. Padahal, sebenarnya keduanya adalah kondisi yang sangat berbeda. Kecemasan adalah kondisi mental/perasaan yang mendahului keadaan di masa mendatang yang tidak diinginkan. sehingga kecemasan itu menghasilkan stres. 

Untuk membantu mengatasi kecemasan itu, berikut lima hal sederhana yang dapat digunakan untuk mendorong kesehatan fisik dan menurunkan rasa cemas secara alami, dikutip dari psychologytoday.

1. Diet yang bersih
Diet kaya nutrisi memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menurunkan kecemasan dan meningkatkan mood. Meskipun tidak ada yang namanya diet sempurna, beberapa perubahan sederhana dapat membantu Anda menghindari kecemasan. Hindari minuman berkafein atau beralkohol, karena keduanya bertindak memicu untuk pikiran dan perilaku cemas.
 
2. Mendekatkan Diri Kepada Tuhan 
Dengan melakukan ibadah terhadap keyakinan, serta do'a dalam agama apapun, memiliki keunggulan besar dalam setiap masing-masing aspek dalam  kehidupan sehari-hari. Salah satu keutamaannya adalah menghilangkan rasa cemas.

3. Meditasi
Meditasi dan yoga begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Meditasi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, serta merupakan cara paling umum untuk melatih perhatian. Dengan menghentikan semua aktivitas, melakukan relaksasi tubuh dan fokus pada apa yang ada di sekitar Anda, efek ansiolitik (obat anti-kecemasan) yang dapat langsung dirasakan, sekaligus membantu mengusir rasa cemas.

4. Gerakkan tubuh anda
Penelitian menunjukkan bahwa bergerak, seperti berjalan kaki selama 10 menit dapat menurunkan kecemasan secara signifikan. Jadi, hanya dalam beberapa langkah singkat sehari, kita bisa mendapatkan semua latihan harian yang kita butuhkan. Jalan-jalan di alam terbuka juga memiliki efek pereda kecemasan yang lebih baik, di samping juga dapat menghadirkan kesempatan untuk melatih meningkatkan perhatian.
 
5. Ikuti rutinitas
Ternyata mengikuti rutinitas, terutama dalam kaitannya dengan makan dan tidur sangat penting untuk mengendalikan stres dan kecemasan. Melalui konsistensi, kita dapat mulai membasmi sumber kecemasan kita. Sangat sering, dengan hanya tidur yang cukup setiap malam sudah cukup untuk meningkatkan suasana hati dan kesehatan secara keseluruhan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
stres

Editor : Fajar Sidik
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top