Masalah yang Akan Dihadapi jika Terlambat Membayar Tagihan PDAM

Sebaiknya tidak melupakan tagihan yang buat rumah Anda kehilangan suplai air bersih.
MediaDigital | 14 Mei 2019 16:12 WIB
Ilustrasi - Pexels

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) juga merupakan badan pemerintah yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat. Pasalnya, PDAM yang bertanggung jawab untuk mengalirkan pasokan air bersih ke seluruh rumah. Karena PDAM ini juga merupakan perusahaan milik pemerintah, beban tagihan setiap bulan untuk warga pun tidak terlalu besar.

Sayangnya, masih ada pihak yang sering telat membayar tagihan PDAM hingga mengalami kerugian pribadi. Mungkin Anda belum tahu kerugian apa saja yang akan menimpa jika telat membayar tagihan PDAM setiap bulan. Berikut daftarnya!

1. Akumulasi Tagihan Bulan Depannya

Tagihan PDAM biasanya keluar pada akhir atau awal bulan. Biasanya pun tagihan rutin bulanan ini menyesuaikan tanggal Anda menerima gaji setiap bulannya. Untuk itu, sebaiknya Anda langsung membayarkan tagihan itu saat sudah waktunya.

PDAM biasanya menaruh tanggal jatuh tempo sekitar 20 hari setelah tagihan keluar. Jika belum juga membayar tagihan PDAM di masa jatuh tempo, tagihan Anda akan diakumulasi ke bulan depannya. Jadi, jangan kaget kalau bulan depan tagihan Anda akan double.

2. Denda yang Tidak Sedikit

Bukan hanya akan terakumulasi, tagihan Anda pun akan ditambah lagi dengan denda harian akibat keterlambatan membayar. Membayar tagihan dengan denda tentu akan mengganggu pengeluaran setiap bulannya. Pasti ada satu atau dua kebutuhan bulanan yang jadi tidak bisa terlunasi akibat Anda harus membayar denda tersebut. Pastinya, Anda tidak mau hal itu terjadi.

3. Pemutusan Sambungan PDAM

Hal yang lebih parahnya, PDAM akan langsung memutus sambungan air bersih ke rumah Anda. Pemutusan sambungan air bersih ini akan dilakukan oleh PDAM jika Anda sudah menunggak tagihan hingga tiga bulan berturut-turut. Parahnya lagi, bila mau dilunasi untuk membuat sambungan air kembali lancar ke rumah, Anda harus membayar total tagihan yang tidak kecil. Pertama, akumulasi tiga bulan tagihan ditambah dengan denda-denda yang dibebankan sejak hari pertama keterlambatan.

4. Tidak Ada Sumber Air Bersih

Saat sambungan air bersih dari PDAM terputus, semua aktivitas harian Anda pun akan tergganggu. Anda tidak punya air bersih untuk mandi dan mencuci pakaian yang biasa dipakai sehari-hari. Bukan hanya itu, Anda pun tidak memiliki pasokan air bersih untuk memasak, makan, dan minum. Pastinya, keadaan ini tidak mau terjadi di rumah Anda.

5. Merugikan Negara

Ternyata, bukan hanya Anda yang akan kena imbas dari terlambat membayar tagihan PDAM. Secara tidak langsung, Anda juga akan merugikan orang banyak. Tagihan yang dibayarkan oleh masyarakat yang memanfaatkan jasa perusahaan milik negara akan dibuat untuk perawatan rutin pipa-pipa untuk mengalirkan air. Jika ada lebih banyak orang yang terlambat membayar tagihan, pastinya akan ada pengeluaran lain yang terhambat.

Itu dia kerugian yang akan Anda hadapi saat terlambat membayar tagihan PDAM. Nah, sekarang ada cara yang mudah untuk bayar pdam dan tagihan-tagihan rutin tiap bulan. Tinggal buka Traveloka App dan masukkan nomor pelanggan, lalu jumlah tagihan Anda akan langsung keluar. Dengan kemudahan ini, dijamin Anda pasti akan terhindar dari keterlambatan bayar tagihan PDAM.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pdam, Traveloka

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup