Sumber: Reuters
Fashion

Potongan Rambut Komposer Beethoven Dilelang Rp270 Juta

Eva Rianti
Rabu, 12 Juni 2019 - 09:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Rumah lelang Inggris Sotheby dikabarkan melelang potongan rambut Ludwig van Beethoven yang dipotong sendiri oleh sang komposer Jerman dan diberikan kepada seorang pianis pada 1826.

Harga potongan rambut tersebut diperkirakan mencapai 15.000 pound (US$19.000) atau setara dengan Rp270 juta. Namun, Direktur Buku dan Manuskrip di Shoteby Simon Maguire mengungkapkan bahwa harga penjualannya bisa lebih tinggi dari itu.

“Sudah ada cukup banyak minat,” ujarnya, dilansir dari Reuters, Selasa (12/6/2019).

Maguire menceritakan kisah di balik benda tersebut. Dia mengatakan, pianis Austria Anton Halm telah meminta seikat rambut untuk diberikan kepada istrinya sebagai kenang-kenangan. Namun, pelayan Beethoven malah mengirim rambut kambing sehingga membuatnya naik pitam.  

“Dan Beethoven kemudian memberi Halm, di selembar kertas, seikat rambut yang dia potong sendiri dari  belakang kepalanya, dan dia mengatakan yang ini setidaknya asli,” jelas Maguire.

Halm kemudian memberikan seikat rambut Beethoven kepada seorang murid yang juga seorang profesor piano di Konservatorium Wina bernama Julius Epstein. Keasliannya dikonfirmasi oleh Alexander Wheelock Thayer, penulis biografi Beethoven yang pertama.

Sebelumnya, Shoteby telah melelang rambut Beethoven yang lebih kecil, yang diambil di ranjang kematiannya setahun kemudian pada 1827, serta rambut komposer lainnya yakni Frederic Chopin dan Wolfgang Amadeus Mozart dan pahlawan angkatan laut Inggris Horatorio Nelson.

“Yang ini (akan dilelang pada hari Selasa) tidak biasa karena memiliki cerita awal yang sangat substansial,” terang Maguire, menambahkan bahwa rambut lain yang dijual dalam lelang sebagian besar telah dikurangi menjadi beberapa helai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro