Fakta Menarik dan Unik dari Kawah Ijen/Indonesiatravel
Travel

Fakta Menarik dan Unik dari Kawah Ijen

Redaksi
Kamis, 25 April 2024 - 16:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia memiliki keindahan alam yang memukau. Dari Sabang hingga Merauke, telah terpancar segala keindahan atas keberagaman yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Mulai dari gunung, sungai, danau, hutan, pantai, kawah, dan lainnya menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Di Pulau Jawa, terdapat salah satu tempat yang dikenal sebagai “Blue Fire” yaitu Kawah Ijen.

Kawah Ijen merupakan salah satu tempat seperti danau yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Kawasan Kawah Ijen memiliki banyak tempat menarik, yang tidak pernah ditemukan pada destinasi wisata mana pun.

Banyak wisatawan asing mengatakan Kawah Ijen sebagai destinasi yang wajib dikunjungi setelah Bali. Tempat ini identik dengan kawasan yang dipenuhi dengan aktivitas vulkanik.

UNESCO berhasil menetapkan Kawah Ijen ke dalam Cagar Biosfer Dunia.

Dilansir dari news9live.com, Kawah Ijen dijuluki sebagai “Kuali Asam Terbesar di Dunia”, karena memiliki kandungan asam sulfat tinggi yang larut dalam air.

Kandungan asam tersebut, yang membuat air di dalam Kawah Ijen terlihat berwarna cerah.

Lantas, apa saja yang membuat Kawah Ijen ramai dikunjungi oleh para wisatawan?

Dilansir tripperhood.com, dari ada beberapa fakta unik terkait keindahan Kawah Ijen berikut ini:

1. Kawah asam terbesar di dunia

Kawah ijen dikatakan sebagai kawah asam terbesar di dunia, karena memiliki kaldera setinggi 300-500 meter, dan luas wilayah sebesar 5.446 hektar. Luas wilayah yang dimiliki, membuat wisatawan puas untuk mengeksplor keindahan di sekitar.

2. Memiliki keindahan blue fire

Kawasan Kawah Ijen memiliki fenomena alam yang unik dan berbeda dari tempat lain. Blue fire, hanya ditemukan pada dua tempat di dunia, yaitu di Islandia dan Indonesia.

3. Blue fire bukan berarti api

Keindahan alam yang disebut dengan bule fire, bukan berarti api yang muncul dari kawasan tersebut, melainkan dari luncuran belerang yang bercampur dengan suhu panas, hingga menimbulkan warna baru di sekitar kawah tersebut.

4. Sunrise of Java

Memiliki fenomena blue fire, membuat banyak orang menyebutkan Kawah Ijen sebagai “Sunrise of Java”. Keindahan alam yang disajikan, dapat memperlihatkan posisi mata terbit secara tepat, sehingga momen tersebut dapat diabadikan oleh masyarakat.

Spot cantik yang tersedia pada kawasan tersebut, dimanfaatkan banyak wisatawan untuk menikmati keindahan alam.

5. Kawasan yang diapit oleh aktivitas vulkanik

Kawah Ijen memiliki berada pada kawasan yang memiliki gunung berapi dengan status aktif. Kawasan ini tetap hidup dan berjalan ditengah aktivitas vulkanik yang melanda. Hal ini yang membuat banyak orang, sangat tertarik terhadap keindahan dan fakta menarik dari Kawah Ijen.

Tidak cukup rasanya jika deretan fakta menarik tersebut, tidak membuat Anda tergiur untuk datang ke destinasi tersebut. Anda akan disajikan dengan berbagai keindahan dan keajaiban Tuhan, supaya dapat memanfaatkan momen berharga bersama orang tersayang. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro