Health

Terapi Garang Arang jadi Alternatif Pengobatan Beragam Penyakit

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 25 Juni 2019 - 19:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa abad silam masyarakat suku Baduy (Banten) yang masih tinggal di pedalaman meyakini bahwa sumber penyakit bisa datang dari gangguan pengaruh jahat dan baik itu dari mahluk halus ataupun sihir.

Cara mereka menghilangkannya adalah menggunakan hawa panas yang terbuat dari bara arang kayu tertentu yang dialirkan melalui telapak kaki lalu terjadilah reaksi pengobatan yaitu mengusir atau membuang sumber penyakit. 

Seiring dengan berjalannya waktu terapi garang arang itupun akhirnya digunakan sebagai media pengobatan  terhadap berbagai penyakit. Masyarakat suku Baduy mengunakannya untuk mengeluarkan bisa racun dari gigitan binatang berbisa seperti ular dan sejenisnya.

Hizrah Bacan seniman Betawi Ora mengangkat kembali terapi Garang Arang ini menjadi salah satu alternative pengobatan di jamam modern ini. Hizrah Bacan sebagai owner klinik Garang Arang, memaparkan pengobatan kuno ini untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya stroke, asam urat, saraf terjepit nyeri sendi, rematik dan lain lain. Pengobatan juga ditambah dengan racikan ramuan herba pendukung lainnya.

Puspa Paramita selaku konsultan terapist di klinik Garang Arang mengatakan selain dengan metode terapi garang arang, juga memperkaya dengan racikan ramuan herbal pendukung lainnya.

“Reaksi dari terapi garang arang ini memang luar biasa. Hawa panas yang masuk melalui pori-pori kulit telapak kaki akan mengurai kristal-kristal asam urat pada persendian kaki dan tangan," ujar Puspa Paramita dalam siaran persnya.

Bukan hanya itu, tambah Puspa, hawa panas dari garang arang juga mampu merontokan plak kolestrol pada dinding pembuluh darah yang kemudian dikeluarkan melalui keringat. Menjadikan sirkulasi darah yang mengalir ke jantung dan otak menjadi berjalan lancar.

“Pengobatan terapi garang arang memiliki fungsi dua arah. Pertama berfungsi untuk mengeluarkan toksin dari dalam tubuh melalui keringat dari hawa panas bara arang. Kedua memiliki sensasi yang dapat merilexsasi ketegangan saraf sehingga menimbulkan kesegaran dan ketenangan,” terangnya.

Tehnik pengobatan terapi garang arang sangat aman sekali dan tidak memiliki efek samping yang negatif karna yg digunakan hanya hawa panas dari kandungan gas karbon dari bara arang aktif nya saja yang di aliri melalui telapak kaki," tambahnya.

Beberapa pasien yang menggunakan terapi garang arang ini sudah menyatakan testimoninya seperti yang terpampang pada dinding dan brosur di tempat terapi Garang Arang. Di lokasi ini pun pengobatan antara wanita dan pria dipisahkan dengan terapis yang juga disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro