Ilustrasi/Innewwiew
Relationship

Tips Mengatasi Kebosanan dalam Hubungan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 1 Juli 2019 - 13:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan yang sudah lama menjalin hubungan biasanya pasti akan mengalami rasa kebosanan.

Hal tersebut umumnya terjadi karena hal monoton yang mereka jalani setiap harinya. Sehingga tidak ada suasana baru yang dirasakan satu sama lain.

Kebosanan bisa sangat berbahaya bagi suatu hubungan, karena bisa memicu perpisahan. Seseorang yang merasa bosan dengan pasangannya, bisa saja mencari orang lain untuk menghilangkan kejenuhannya itu. Untuk mencari suasana baru yang tidak didapatkannya dari pasangannya.

Sebenarnya, kebosanan, rasa jenuh bisa dihilangkan dengan beberapa trik yang diterapkan masing-masing pasangan. Sehingga mereka bisa meletupkan kembali perasaan cinta di dalam hatinya. Berikut tipsnya menurut Boldsky.com:

Pertama-tama, kebosanan relasional tidak memengaruhi semua pasangan dengan cara yang sama. Cheryl Harasymchuk et al. (2017) meneliti hubungan antara kegiatan bersama dan kebosanan relasional dalam sebuah tulisan yang berjudul, “Memuaskan Hubungan?” Mereka menemukan dukungan yang tidak konsisten untuk proposisi bahwa kebosanan relasional selalu menghasilkan niat yang lebih besar untuk memulai “peningkatan hubungan”.

Namun, mereka menemukan bahwa ketika peserta studi diminta secara khusus untuk merencanakan kencan, mereka lebih cenderung meningkatkan kemungkinan terlibat dalam kegiatan baru yang meningkatkan hubungan bersama dengan pasangan mereka.

Harasymchuk et al. juga menemukan bahwa orang-orang kurang berminat untuk terlibat dalam kegiatan bersama "pemulihan-keamanan" (akrab) ketika mengalami kebosanan hubungan. Mengapa? Mereka berpendapat bahwa terlepas dari manfaat peningkatan keamanan relasional, “ada kemungkinan bahwa dalam situasi tertentu seperti hubungan yang membosankan,  bahwa peningkatan keamanan, kenyamanan, dan keakraban mungkin merugikan. Secara lebih luas, ini menyiratkan bahwa kebosanan relasional mungkin terkait dengan perasaan keamanan yang berlebihan dan pertumbuhan yang menurun. "

Dalam penelitian sebelumnya, Cheryl Harasymchuk dan Beverley Fehr mengeksplorasi karakteristik kebosanan relasional secara lebih rinci. Mengakui penelitian sebelumnya, mereka mencatat bahwa kebosanan sering dikaitkan dengan ketidakpuasan. Namun dalam hubungan, ada ketidaksepakatan tentang bagaimana kebosanan harus didefinisikan.

Dalam "A Prototype Analysis of Relational Boredom" (2013), [ii] mereka mengkategorikan peringkat kebosanan relasional prototipikal versus nonprototipikal. Peringkat prototipe termasuk "tidak lagi menarik" dan "kurangnya minat pada pasangan," sementara peringkat nonprotipe termasuk "terlalu mirip" dan "tidak ada kesamaan." Selain temuan lain, mereka menemukan bahwa orang lebih cenderung mengaitkan fitur prototipe dengan kebosanan relasional.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meningkatkan hubungan Anda?

Bagaimana pasangan yang ingin membumbui kebosanan? Arthur Aron et al. (2000) mengeksplorasi masalah ini, mempelajari dampak dari pasangan yang terlibat dalam kegiatan novel dan membangkitkan.  Menggunakan survei dari pintu ke pintu, percobaan laboratorium, dan kuesioner di surat kabar, mereka meneliti dampak dari terlibat dalam novel dan membangkitkan aktivitas pada persepsi kualitas relasional. Hasil menunjukkan bahwa berbagi bahkan tujuh menit aktivitas baru dan membangkitkan meningkatkan kepuasan hubungan.

Tujuh menit? Kebanyakan pasangan bisa memasukkannya ke dalam jadwal mereka. Sebenarnya, sebagian besar pasangan dapat meluangkan waktu lebih banyak lagi. Penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa pasangan yang berinvestasi 90 menit seminggu dapat menikmati hasil yang bertahan lama.

Kimberley Coulter dan John M. Malouff (2013) mempelajari apakah secara sadar terlibat dalam kegiatan menarik bersama akan meningkatkan keterikatan romantis pasangan. Mereka melacak pasangan yang berpartisipasi dalam intervensi online empat minggu yang memberikan ide untuk kegiatan menarik bersama dan mendorong pasangan. untuk menghabiskan 90 menit seminggu untuk berpartisipasi dalam kegiatan menarik yang dibagikan.

Hasilnya? Pasangan yang terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan bersama melaporkan tingkat kegembiraan hubungan romantis yang lebih tinggi, kepuasan relasional, dan pengaruh positif daripada kelompok kontrol. Efek positif yang meningkat dari intervensi ini dapat diukur bahkan empat bulan kemudian.

Para penulis melaporkan bahwa hasil mereka menunjukkan bahwa di dalam hubungan, peningkatan kegembiraan menghasilkan efek menguntungkan yang bertahan lama pada kepuasan hubungan dan pengaruh positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro