Jembata Situ Gunung TN Gunung Gede Pangrango/situgunungbridge.com
Travel

Jembatan Gantung Situ Gunung Dongkrak PNBP Gunung Gede Pangrango

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Sabtu, 13 Juli 2019 - 02:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Taman Nasional Gunung Gede Pangrango kini terkenal dengan jembatan gantung yang disebut-sebut terpanjang di Asia.

Sejak beroperasinya jembatan gantung Situ Gunung pada 2018, TN Gunung Gede Pangrango ‘banjir’ pengunjung. Mereka penasaran dengan tempat wisata ini. 

Wisatawan datang untuk menikmati sensasi pemandangan hijau sekaligus memacu adrenalin dengan berjalan di atas jembatan gantung yang memiliki panjang 243 meter, lebar 18 meter dan berada di ketinggian jurang mencapai 161 meter.

Tak hanya menggaet pengunjung,  Kepala Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango Wahju Rudianto menjelaskan, jembatan gantung yang dikenal masyarakat sebagai "Suspension Bridge" ini membuat Pendapatanan Negara Bukan Pajak (PNPB) TN Gunung Gede Pangrango melonjak, mencapai Rp2,6 miliar pada 2018.

Padahal, PNBP yang disumbang Resort Situ Gunung pada 2017 hanya sekitar Rp360 juta.

"Sampai Juni tahun ini, jumlah PNBP dari Situ Gunung sudah mencapai Rp2,9 miliar atau sudah sekitar 80 persen target PNPB pada 2019," kata Wahju dalam keterangan resminya, Jumat (12/7/2019).

 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat, Total PNBP yang disumbangkan Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango tahun lalu mencapai Rp6 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro