Hana Saraswati/Instagram
Entertainment

Ini Alasan Pesinetron Hana Saraswati Pilih Kuliah Online

Reni Lestari
Jumat, 26 Juli 2019 - 13:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pesinetron muda Hana Saraswati memilih kuliah secara online karena tuntutan pekerjaan di dunia hiburan yang padat. Bintang sinetron "Anak Jalanan" dan "Anak Langit" ini mengaku kuliah berbasis online dapat memenuhi kebutuhannya akan pendidikan secara fleksibel dari segi waktu dan tempat belajar.

Dara berusia 22 tahun ini tercatat sebagai mahasiswi semester 5 jurusan Manajemen Bisnis di Bina Nusantara (Binus) Online Learning. Menurut Hana, selain waktu yang fleksibel, kuliah online yang dia jalani juga memungkinkannya bertemu dengan teman-teman yang sudah lebih dulu terjun ke dunia kerja. "Karena hampir 90 persen mahasiswa di kampus saya [Binus Online Learning] adalah karyawan," kata Hana.

Andai memiliki celah waktu yang lebih longgar, sebetulnya Hana lebih memilih kuliah konvensional. Hana mengakui di luar keunggulan berupa fleksibilitas, kuliah online kurang maksimal dalam hal interaksi antara dosen dan mahasiswa.

Kegiatan belajar-mengajar seluruhnya dilakukan melalui forum dalam jaringan (daring) dan konferensi video yang terjadwal, termasuk kuis dan tugas kuliah. Pertemuan tatap muka hanya dilakukan saat ujian.

"Saya lebih suka belajar di kelas karena interaksi langsung dalam pembelajaran menurut saya jauh lebih efekfif daripada video conference," ujar Hana.

Menurut Hana, yang harus ditingkatkan dari sistem pembelajaran online yang saat ini dijalaninya adalah disediakannya bimbingan secara langsung oleh dosen di luar jadwal video conference.

Kelak, jika waktunya lebih luang Hana akan melanjutkan kuliah S2 secara konvensional. Namun, jika pekerjaan dan jadwal syuting masih seperti sekarang, Hana akan kembali memilih kuliah online.

Mantan gadis sampul ini menyambut baik jika semua kampus di Indonesia menyediakan kuliah online, mengingat tingginya kebutuhan akan fasilitas ini. Namun menurutnya tidak semua jurusan cocok untuk dipindahkan sepenuhnya ke sistem online.

"Kan belum ada universitas online yang sangat terpandang di Indonesia, masih lebih banyak orang yang memilih kuliah online di universitas luar negeri," ujar Hana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro