Ini Daftar 9 Grup KPop Terkaya Versi Majalah Money, Ada BTS hingga Blackpink

Dengan miliaran pengguna Youtube yang menonton video klipnya di layanan Youtube, empat perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan berhasil membukukan pendapatan hingga USD 1 milyar atau Rp14 triliun
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 30 Juli 2019  |  15:24 WIB
Ini Daftar 9 Grup KPop Terkaya Versi Majalah Money, Ada BTS hingga Blackpink
Grup musik asal Korea Selatan Bangtan Boys atau BTS - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Industri Korea-Pop memang menjadi magnet luar biasa bagi penggemarnya, sehingga tak salah jika majalah Time menyebut KPop grup adalah salah satu produk ekspor terbesar Korea Selatan.

Dengan miliaran pengguna Youtube yang menonton video klipnya di layanan Youtube, empat perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan berhasil membukukan pendapatan hingga US$ 1 miliar atau Rp14 triliun.

Jurnalis musik Jeff Benjamin dari majalah Money menyebutkan fenomena K-Pop sangat menarik sehingga membuat banyak label rekaman Amerika yang memanfaatkan kepopuleran grup-grup ini dengan mengajak beberapa band asal Korea Selatan ini.

Dikutip dari majalah Money, berikut adalah daftar grup KPop dengan penghasilan tertinggi;

1. BTS

Barisan paling atas daftar ini masih diduduki oleh boyband fenomenal BTS yang tenar di Amerika Serikat lewat lagunya Fake Love, Idol dan lagu terbarunya Boy With Luv. Pendapatan terbesar BTS berasal dari penjualan album, konser tur dan merchandise. Baru-baru ini data menyebutkan, album teranyar mereka Map of the Soul: Persona terjual hingga 3,3 juta salinan pada bulan pertama perilisannya di Korea Selatan.

Dari sisi penjualan tiket konser melalui tur yang bertajuk Love Yourself World Tour, BTS mampu meraup keuntungan hingga US$71,7 juta atau Rp1 triliun.

2. Twice

Dilaporkan majalah Money, selain penjualan album dan tiket konsernya, girlgrup Twice menjadi grup KPop kedua dengan pendapatan tertinggi yang berasal dari iklan.

Sembilan dari member Twice adalah model iklan dari brand terkenal seperti Estee Lauder, Bean Pole, Nike Air Max, Lotte Duty Free, Pocari Sweat hingga credit card dari Bank Kookmin.

 3. Blackpink

Meskipun hanya memiliki 15 lagu dan 7 video klip, Blackpink diklaim sebagai grup dengan pendapatan tertinggi ketiga setelah album terbarunya Kill This Love dilaporkan terjual hingga 550.000 salinan pada masa 1 minggu perilisannya di China dan Korea Selatan.

Tak lupa, Blackpink juga adalah model dari beberapa brand seperti Samsung, Louis Vuitton, Dior Beauty dan Moonshit.

 4. TVXQ

Meski tergolong grup senior hanya beranggotakan dua orang, TVXQ termasuk salah satu grup kpop dengan pendapatan tertinggi melalui penjualan albumnya yang mencapai 10 juta salinan dalam kurun waktu 10 tahun perjalanan karirnya.

Sampai sekarang grup yang juga terkenal dengan nama DBSK ini juga masih tercatat sebagai grup dengan penjualan single CD terbanyak di Jepang untuk kategori artis luar negeri.

 

5. EXO

Disebut sebagai 'King of KPop', EXO memang sudah menyita perhatian sejak debutnya melalui kesuksesan album pertama mereka XOXO yang terjudal hingga 1 juta salinan. Album terbaru mereka Don’t Mess Up My Tempo berhasil terjual hingga 1,1 juta hanya dari pre-sale saja.

Selain dari penjualan tiketnya, EXO juga adalah model untuk brand ternama di antaranya Nature Republic hingga game mobile Star Wars.

 6. Seventeen

Memiliki member banyak yakni 13 orang adalah keuntungan bagi grup Seventeen, karena buktinya grup ini tercatat sebagai grup ke-6 dengan keuntungan terbanyak di daftar grup kpop terkaya.

Majalah money menyebut selain dari promosi masifnya di Korea Selatan dan Jepang, Seventeen juga mendapatkan penghasilan dari lisensi lagu soundtrack webdrama, variety show hingga iklan di antaranya produk skin care The Saem, Lafuma dan G+ Star Zone.

 7. Wanna One

Meskipun sudah dibubarkan pada akhir 2018 lalu, Wanna One tercatat sebagai grup kpop terkaya di deretan ke-7 hanya dari satu tahun enam bulan masa promosinya.

Dikutip dari KPop Herald, Wanna One berhasil menjual 438.000 salinan albumnya dalam minggu pertama penjualan, kontrak dengan 16 brand ternama dan program televisi.

 8. Red Velvet

Sama seperti Twice, Red Velvet berada dalam daftar ini karena menjadi model untuk brand besar termasuk untuk pemerintah Korea Selatan sendiri.

Grup ini diakui oleh Kementerian Kultur, Olahraga dan Pariwisata dan pernah tampil dalam acara KPop di negeri tetangga, Korea Utara.

 

9. GOT7

Di daftar terakhir majalah Money, GOT7 berada di urutan ke 9 grup KPop dengan pendapatan tertinggi melalui konsernya di berbagai negara dan penampilan member-nya di berbagai iklan seperti Adidas dan The Face Shop.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
musik, Kpop

Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top