Contoh produk action figure gundam yang ditawarkan di Emporium Mall Pluit pada Rabu (7/8/2019). JIBI/Bisnis/Ria Theresia Situmorang
Fashion

Mengapa Harga Action Figure Gundam di Indonesia Jutaan Rupiah?

Ria Theresia Situmorang
Kamis, 8 Agustus 2019 - 11:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dijual dengan harga sekitar ratusan ribu rupiah di negara asalnya Jepang, harga action figure gundam bisa mencapai jutaan rupiah jika dipasarkan di Indonesia. Mengapa?

Erik Thianto, perwakilan Multi Toys dalam acara peluncuran 3 produk gundam Tamashii Nation di Emporium Mall Pluit pada Rabu (7/8/2019) mengatakan, salah satu alasan adalah perusahaan produsen gundam di Jepang, Bandai Co. hanya memproduksi jenis gundam tertentu dengan kuantitas yang sangat terbatas.

“Soalnya memang kebijakan dari perusahaannya sendiri tidak diproduksi massal. Jadi jumlahnya tak terlalu banyak, terus memang karakternya diminati banyak orang,” katanya.

Kepopuleran gundam berkat salah satu tayangan animasi robot Jepang di stasiun televisi Indonesia pada tahun 2000-an, dinilai menyumbang banyak penggemar untuk komunitas pencinta action figure gundam di Indonesia.

“Apalagi, sudah sempat terkenal (karakternya), kadang-kadang orang sudah beli, dia simpan (untuk) display (pajangan). Baru nanti ada pemain baru lagi, (gundam karakter lama) sudah tak ada stoknya,” sambungnya.

Menurut Erick, alasan kedua mengapa harga gundam tergolong mahal yakni karena action figure pun jarang dijual secara daring, sehingga banyak kolektor fanatik yang rela membeli gundam hingga keluar negeri seperti negara asalnya di Jepang, Hong Kong atau Singapura.

Hal ini pun dibenarkan oleh salah satu pencinta gundam, Ichsan, yang ditemui dalam kesempatan yang sama, mengaku sudah memiliki berbagai macam action figure dengan harga berbeda.

“Mahalnya tergantung tipe, kalau saya biasanya lebih suka beli yang second atau dilelang supaya lebih murah. Namanya lelang, dari Rp300.000 sampai Rp600.000. Kalau seri yang populer bisa sampai Rp1,5 juta,” tutup Ichsan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro