Seorang warga bersiap membagikan daging kurban untuk dibagikan kepada masyarakat di Masjid Al-Ikhlas Ilie, Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh, Kamis (24/9)./Antara
Health

Cara Sehat Konsumsi Daging Kurban, dari Pemilihan, Penyimpanan, Hingga Pengolahan

Newswire
Minggu, 11 Agustus 2019 - 14:25
Bagikan

Penyembelihan dan Pemotongan

Penyembelihan hewan kurban harus dilakukan di tempat yang tertutup, tidak dikerumuni banyak orang, dan tidak dilihat oleh hewan kurban lainnya yang belum dipotong.

Intinya menjaga hewan kurban agar tidak stres sebelum dipotong.

Selanjutnya yang sangat penting adalah menjaga kebersihan pada saat penyembelihan hingga pemotongan untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat.

Kebersihan lingkungan pemotongan, peralatan yang digunakan, hingga kebersihan tangan petugas kurban adalah mutlak untuk menjamin kebersihan daging hewan yang akan dikonsumsi.

Hardinsyah menekankan pentingnya menggantung hewan kurban setelah disembelih agar daging tidak terkena kontak dengan tanah ataupun lantai sehingga kebersihan lebih terjamin.

Hardinsyah juga mengingatkan saat pengelolaan isi perut atau jeroan hewan kurban agar jangan sampai pecah dan harus dicuci hingga bersih di tempat yang terpisah dari tempat pemotongan daging.

Alas tempat memotong daging menjadi bagian-bagian yang lebih kecil juga harus dipastikan kebersihannya agar daging tidak terkontaminasi bakteri.

Belakangan ramai juga mengenai penggunaan besek bambu ataupun daun pembungkus daging kurban sebagai pengganti dari kantong plastik agar lebih ramah lingkungan. Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor ini juga mendukung hal tersebut.

Diupayakan mengganti kantong plastik dengan pembungkus bahan lain, namun apabila terpaksa menggunakan kantong plastik pastikan yang tidak berbau dan lebih aman untuk makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro