Panitia memotong daging hewan kurban di Masjid Darul Muttakin Minasaupa Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (1/9). Umat muslim melakukan penyembelihan hewan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah dan membunuh keserakahan dan hawa nafsu. ANTARA FOTO/Yusran Uccang
Health

Cara Sehat Konsumsi Daging Kurban, dari Pemilihan, Penyimpanan, Hingga Pengolahan

Newswire
Minggu, 11 Agustus 2019 - 14:29
Bagikan

Penyimpanan Daging

Penyimpanan daging kurban penting dilakukan dengan tepat untuk mencegah pembusukan. Apabila daging kurban yang didapat sudah bersih dan ingin diolah kemudian hari, bisa langsung disimpan di dalam lemari pendingin tanpa perlu dicuci terlebih dulu.

Namun apabila daging yang diterima terkena kotoran, Hardinsyah mengatakan mau tidak mau harus dicuci lebih dulu untuk membersihkan kotorannya.

Hardinsyah mengingatkan untuk mencuci daging dengan air yang terjamin kebersihannya seperti air kemasan dalam galon.

"Kalau air seperti air galon terjamin kebersihannya enggak masalah. Kalau air keran itu kan air mandi sama cuci pakaian, bukan air untuk makanan. Apalagi kalau ke sungai, pasti banyak bakteri pembusuk," kata Hardinsyah.

Hardinsyah menyarankan untuk menyimpan daging sesudah dipotong-potong sesuai porsi dan menu yang akan diolah kemudian. Gunakan kotak penyimpanan makanan ketimbang disimpan dengan plastik.

Jika daging akan diolah dalam satu atau dua hari ke depan, simpan di bagian tengah atau di tempat daging yang memiliki suhu antara 8 hingga 12 derajat celcius.

Namun jika daging disimpan dalam jangka waktu yang lama, berminggu-minggu hingga satu bulan, simpan di freezer atau bagian pembeku dengan suhu minus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro