Aktris Valerie Harper Meninggal di Usia 80 Tahun

Aktris Valerie Harper, yang memenangkan 4 penghargaan Emmy dan berperan sebagai Rhoda Morgenstern di serial TV klasik1970-an "The Mary Tyler Moore Show", meninggal pada Jumat 30 Agustus 2019, pada usia 80 tahun.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 31 Agustus 2019  |  15:32 WIB
Aktris Valerie Harper Meninggal di Usia 80 Tahun
Valerie Harper - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Aktris Valerie Harper, yang memenangkan 4 penghargaan Emmy dan berperan sebagai Rhoda Morgenstern di serial TV klasik1970-an "The Mary Tyler Moore Show", meninggal pada Jumat 30 Agustus 2019, pada usia 80 tahun.

Putrinya, Cristina Cacciotti berkata Harper meninggal pada Jumat pagi. Suami Harper, Tony Cacciotti mengatakan pada Juli bahwa dokter menyarankan agar aktris yang menderita kanker otak itu, ditempatkan dalam perawatan rumah sakit.

Harper mengungkapkan kepada majalah People pada Maret 2013 bahwa dia menderita karsinomatosis leptomeningeal - sel kanker di membran otaknya.

Dia melakukan comeback yang mengejutkan setelah diagnosis 2013, yang memberinya hanya beberapa bulan untuk hidup. Hanya 7 bulan kemudian dia berkompetisi di program "Dancing With the Stars" dan pada 2015 muncul di sitkom "2 Broke Girls."

Harper, yang juga didiagnosis menderita kanker paru-paru pada 2009, tetap sibuk berkampanye untuk penelitian kanker dan melakukan pekerjaan akting dan pengisi suara sesekali baru-baru ini awal tahun ini.

Harper masih relatif tidak berpengalaman sebagai aktris pada tahun 1970 ketika dia berperan dalam "The Mary Tyler Moore Show" - salah satu acara televisi AS paling terhormat di era 1970-an - ketika Rhoda Morgenstern, sahabat dan tetangga karakter Moore Mary Richards di Minneapolis.

Rhoda adalah gadis karier kelahiran Bronx yang terus-menerus berusaha menurunkan berat badan, dan mencari pacar. Dia memiliki sifat yang kasar, dan memiliki pemahaman tentang konsep-konsep feminis.


Harper memulai karir hiburannya pada akhir 1950-an sebagai gadis paduan suara di Broadway. Untuk mendapatkan pengalaman akting, dia bergabung dengan Chicago's Second City Theatre, yang menjadi salah satu tempat pembuktian komedi terbaik di AS.

Dia menganut politik liberal, juga mengambil bagian dalam hak-hak sipil, demonstrasi anti-perang dan anti-kemiskinan sebelum menjadi bintang, dan aktif dalam Persatuan Aktor Layar.

Suami pertama Harper adalah aktor televisi Richard Schaal, veteran Kota Kedua lainnya yang juga tampil di "Pertunjukan Mary Tyler Moore" dan "Rhoda,". Keduanya bercerai pada 1978. Pada 1987 dia menikahi Cacciotti, seorang pelatih kebugaran yang disewa untuk membantunya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
aktris

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top